14 Juli 2024
Teks foto: Dandrem mengatakan, Program serta kegiatan TMMD ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat dan terus dilaksanakan serta berkembang secara dinamis. Kerjasama, sinergitas, dan koordinasi yang baik menjadi kunci kesuksesan program TMMD," tegas Danrem 023/KS, Kolonel Inf.Lukman Hakim dihadapan para prajurit dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Angkola Barat di Sitinjak, Rabu (12/07/2023).

Tapsel (WartaDhana.Com): TNI Manunggal Masuk Desa atau TMMD ke-117 dibuka oleh Bupati  Tapsel H. dolli Pasarabu. Direncanakan TMMD ke -117 ini membangun dan membuka badan jalan sepanjang 8.200 meter, lebar 8 meter guna membebaskan sejumlah pemukiman masyarakat antara Desa Sitaratoit dengan Kelurahan Sitinjak Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 023/KS, Kolonel Inf.Lukman Hakim mengatakan,  kegiatan pelaksanaan program TMMD ke-117 Tahun 2023 ini akan dibuka secara serentak di seluruh wilayah Indonesia pada tanggal 12 Juli 2023.

Menurut Danrem, TMMD ke-117 Tahun 2023 di wilayah Korem 023/KS akan dilaksanakan di wilayah Kodim 0212/TS, yakni memperlancar transportasi darat dari Desa Sitaratoit dengan Kelurahan Sitinjak, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Sumatera Utara (Sumut) yang melintasi sejumlah desa di Desa Siuhom/sekitarnya, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan.

“Program serta kegiatan TMMD ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat dan terus dilaksanakan serta berkembang secara dinamis. Kerjasama, sinergitas, dan koordinasi yang baik menjadi kunci kesuksesan program TMMD,” tegas Danrem 023/KS, Kolonel Inf.Lukman Hakim dihadapan para prajurit dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Angkola Barat di Sitinjak, Rabu (12/07/2023).

Danrem juga berpesan, kegiatan ini bukan hanya kegiatan yang didominasi TNI semata, melainkan merupakan program bersama dari komponen bangsa yang terkoordinasi dan dilaksanakan secara bergotong-royong, bahu-membahu antara TNI-Polri, Kementerian, Pemerintah Daerah, serta komponen masyarakat lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Komando Distrik Militer (Kodim) 0212/TS, Let. Kol. Amrizal Nasution selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-117 2023 mengatakan,  acara pembukaan TMMD Ke117 sasaran fisik dari kegiatan TMMD Ke-117 Kodim 0212/TS meliputi pekerjaan pembangunan dan pembukaan Badan Jalan ukuran 8.200 meter x 8 meter, penggalian Parit Tanah pinggiran badan jalan sepanjang 8.200 meter x 80 cm x 1 meter, perkerasan Badan Jalan (Telford) ukuran 317 meter x 4 meter x 15 cm, pembangunan Jembatan berukuran 6 x 5,50 m (8 unit).

Sedangkan sasaran non fisik, tambah Letkol Amrizal Nasution, terdiri dari penyuluhan Bela Negara, penyuluhan Wawasan Kebangsaan, penyuluhan/sosialisasi Pertanian, penyuluhan/sosialisasi Pendidikan, penyuluhan/sosialisasi Hukum dan Kamtibmas, penyuluhan/sosialisasi Narkoba, penyuluhan/sosialisasi KB Kesehatan, penyuluhan/sosialisasi lingkungan hidup; dan penyuluhan/sosialisasi Stunting, Posyandu dan Posbindu PTM, jelas,  Dandim

Sementara itu, Ketua DPRD Tapsel Abdul Basith Dalimunthe yang turut hadir mengatakan,  Rakornis Pelaksanaan TMMD ke-117 tahun 2023 secara virtual menyambut baik Program TNI berbasis rakyat ini. Itu karena TMMD ini merupakan sinergitas serta kolaborasi antara Pemerintah Daerah dengan TNI dan Polri untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat khususnya di daerah Kabupaten Tapanuli Selatan.(Winda)