16 Juli 2024
Teks foto: Afifi Lubis pun yakin, pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut dapat berjalan sesuai jadwal. ist

 

Medan (WartaDhana.Com): Ketua Harian Pengurus Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) Sumatera Utara (Sumut) Afifi Lubis memastikan kesiapan Sumut melaksanakan PON XXI, mulai dari transportasi, akomodasi, dan lain sebagainya. Bahkan, persentase persiapan seluruh bidang saat ini sudah mencapai 75%.

Afifi Lubis pun yakin, pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut dapat berjalan sesuai jadwal. Apalagi, sesuai dengan arahan Presiden RI, pelaksanaan PON harus sesuai jadwal, dan tidak ada pengunbduran.

“Kita harus positif, kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan arahan Presiden, tidak ada kemunduran jadwal pembukaan PON 8 September di Aceh dan penutupan pada 20 September 2024 di Sumatera Utara,” kata Ketua PB PON Sumut Afifi Lubis, pada kegiatan Chef de Mission (CdM) Meeting ke-2, yang diikuti perwakilan seluruh provinsi se-Indonesia, di Hotel Santika Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Selasa (25/6).

Selain itu, Afifi juga memastikan tidak ada lagi perubahan lokasi venue seperti sebelumnya. Ia mencontohkan,  sebelumnya ada perubahan lokasi venue seperti Cabor voli Pantai yang sebelumnya direncanakan di Pantai Cermin Serdangbedagai dipindah menjadi Samosir. Perpindahan itu juga punya beberapa pertimbangan seperti kesiapan dan nilai pariwisata yang dikejar.

Saat ini, seluruh progress persiapan venue telah mencapai 80%. Ia optimis venue akan selesai tepat waktu. “Venue akan bisa dicapai sesuai dengan jadwal yang disepakati,” kata Afifi.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharuddin Siagian mengatakan, kesiapan transportasi, akomodasi, dan lainnya telah disampaikan pada seluruh kontingen. Sehingga saat tiba nanti bisa mengetahui apa yang harus dilakukan.

Baharuddin juga mengatakan ada lima  target sukses. Di antaranya sukses prestasi, sukses administrasi, sukses pelaksanaan, sukses pemberdayaan ekonomi, dan sukses pemberdayaan venue pasca PON.

“Ini semua kita rangkai, kita ramu untuk menjadikan kita sebagai tuan rumah yang baik, kita harapkan dukungan dan doa seluruh masyarakat Sumut supaya PON 2024 ini berjalan dengan baik dan sukses,  sehingga bisa membanggakan masyarakat Sumut,” kata Baharuddin.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua KONI Marciano, Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus, Kepala Dinas Pendidikan Sumut Haris Lubis, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Ismail Sinaga dan seluruh kontingen se-Indonesia. (Winda)