15 April 2024

JAKARTA (WartaDhana.Com):  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) akan berkolaborasi untuk menjaga kelestarian lingkungan Danau Toba dan sekitarnya.

Hal ini terungkap dalam pertemuan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Direktur Hubungan Kelembagaan PT Inalum Dany Amrul Ichdan dan Komisaris Utama PT Inalum Doni Monardo dan jajaran di Kantor Perwakilan Daerah Sumut Jalan Jambu, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (8/12)

Gubernur Edy Rahmayadi mengatakan, keindahan Danau Toba tidak ada yang memungkirinya, untuk itu menjaga keletariannya adalah tanggung jawab bersama, agar tetap dapat dinikmati oleh anak dan cucu di kemudian hari.

“Kita telah diberikan Allah SWT, alam yang sangat indah, masa kita menjaganya saja tidak bisa, apalagi banyak manfaatnya bagi kehidupan kita. Ayoklah kita jaga alam yang banyak orang bilang ‘kepingan surga’,” ungkapnya.

Sementara itu,  Direktur Hubungan Kelembagaan PT Inalum Dany Amrul Ichdan mengatakan, PT Inalum memiliki komitmen untuk menyukseskan terwujudnya program nasional yaitu menjadikan Kawasan Danau Toba sebagai kawasan destinasi wisata super prioritas.

“Untuk menyukseskan program itu, kita kolaborasi dan sinergi lintas sektoral, agar kawasan Danau Toba tetap terjaga kelestariannya dan maju secara ekonomi,” ungkapnya.

Komisaris Utama PT Inalum Doni Monardo mengatakan, keberadaan Danau Toba sangat besar manfaatnya bagi Inalum, karena Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) milik Inalum di Paritohan sangat mengandalkan sumber air dari Danau Toba.

“Kalau tidak ada air Danau Toba, ya mahal kali biaya produksinya kita. Saat ini kita setiap tahun telah mengalokasi dana sekitar puluhan milyar untuk membuat hujan buatan, agar permukaan air Danau Toba tetap di angka 903 mdpl, itu angka amannya,” ucapnya.

Untuk itu, katanya, Inalum selalu mempertahankan angka aman itu dengan menjaga dan menyelamatkan ekosistem kawasan Danau Toba. Selain itu, Inalum membentuk Satgas Pemulihan Danau Toba.

“Untuk itu kita ingin ada orang dari Pemprov Sumut yang berkompeten untuk gabung di Satgas Pemulihan Danau Toba. Izin Pak Gub ini kerja yang berkelanjutan, agar tetap lestari Danau Toba kita, agar masyarakat juga tetap merasakan manfaatnya,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, hadir pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut  antara lain, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Ismael Parenus Sinaga dan Kepala Badan Pengelolahan Pajak dan Retribusi Daerah Achmad Fadly. (Winda)