26 Februari 2024

Sunggal (WartaDhana.com): Naas nasib Rosmiati (82) warga Jalan Inpres Blok Gading, Desa Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Deli Serdang tewas terbakar, Rabu (15/7) sekira pukul 15.00 wib.


Informasi dihimpun di lokasi kejadian berdasarkan keterangan saksi Manja Enjeleka Br Ginting (26) tetangga korban dan M Figo Erlangga (17) cucu korban menyebutkan bahwa, pemilik rumah dan grosir adalah milik ayah Figo bernama Waluyo J Wiyanto (32) yang membuka usaha grosir sembako.


Sebelum kebakaran, Figo sedang mengisi minyak bensin untuk dijual eceran di depan rumahnya, tiba-tiba ada api menyambar bensin serta tabung gas. Figo menduga, ada tabung gas yang bocor. Akibatnya, seisi grosir ikut terbakar.


Pihak kepolisian Polsek Sunggal dipimpin Kanit Reskrim AKP Budiman Simanjuntak SE dan Panit Reskrim Iptu Jafri Simamora SH langsung mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) guna penyelidikan.

Sementara itu, selang 15 menit kemudian sebanyak 4 unit mobil pemadam kebaran milik Pemkab Deli Serdang tiba di lokasi untuk memadamkan api. Setelah 10 menit melakukan pemadaman dengan menyiramkan air, petugas pemadam kebakaran yang dibantu warga sekitar berhasil memadamkan api agar tidak menjalar ke rumah di sekitarnya. Untuk menghindari aksi kejahatan pencurian, pihak Polsek Sunggal kemudian memberikan garis polisi di lokasi rumah yang terbakar.


Berdasarkan keterangan saksi Enjeleka dan Figo, ketika api mulai membesar, Enjeleka yang kebetulan melihat api yang berkobar, berusaha berteriak minta tolong kepada warga sekitar.
Sementara Figo yang mendengar korban berteriak minta tolong dari lantai atas, mencoba menolong korban.


Melihat nek Rosmiati yang menderita luka bakar dan menghirup asap dari api, Figo langsung menggendong neneknya turun dan dibantu beberapa warga membawanya ke RSU Bina Kasih. Namun malang, sesampainya di rumah sakit, nyawa nek Rosmiati tidak dapat tertolong karena beberapa bagian tubuhnya menderita luka bakar melepuh serta banyak menghirup asap.


Figo juga mengungkapkan, ayah dan ibunya yang bernama Dewi Nahlia (41) sedang tidak berada di rumahnya.
Kanit Reskrim Polsek Sunggal, AKP Budiman Simanjuntak SE membenarkan peristiwa kebakaran tersebut dan masih memeriksa beberapa saksi. (Dian)