26 Februari 2024
Ket. Photo: Calon Kades Desa Sianipar Sihailhail mendapat arahan dan nasihat dari tokoh masyarakat.


Tobasa (Wartadhana): Sebanyak 5 orang calon Kepala Desa (Kades) di Desa Sianipar Sihailhail, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) yang akan ikut bertarung dalam Pilkades, Kamis(5/12/2019) menyampaikan berbagai program yang dikemas sebagai visi dan misi di hadapan warga, Kamis(28/11/2019) di Desa Sianipar Sihailhail, Balige, Sumatera Utara. 


Ketua BPD Marlon Sianipar membuka sambutannya mengajak seluruh calon supaya membuat suasana damai dan tidak menimbulkan pertikaian sebab seluruh warga adalah masih satu kesatuan dalam adat dan keluarga. 


“Harapan kita melalui penyampaian visi dan misi oleh ke-5 orang Calon Kades masyarakat menilai siapa yang lebih patut, “ujar Marlon. 


Sementara itu, Pj. Kades Sianipar Sihailhail, Tobar Siahaan dihadapan para calon Kades menyampaikan, agar seluruh calon mengikuti aturan dan peraturan Pilkades yang bertujuan penyelenggaraan Pilkades bisa berlangsung penuh damai dan menghasilkan Pilkades yang terbaik. 
“Sedikit kita melihat ke belakang, jangan karena beda pilihan maupun kekalahan dalam Pilkades hubungan sesama warga menjadi retak atau bermusuhan hingga lama, ” katanya mengimbau kenangan itu supaya tidak terulang kembali. 


Pada kesempatan itu, Ketua P2KD Desa Sianipar Sihailhail,  Manaor Sianipar  memperkenalkan ke-5 orang calon sesuai nomor urut yakni nomor 1 Jumarar Sianipar, Nomor 2 Dame Ria Sianipar, Nomor 3 Panca Pukka Sianipar, Nomor 4 Jhonson Sianipar dan Nomor 5 Martin Sianipar.


“Kami berharap partisipasi kita semua mendatangi TPS pada Pilkades nanti, Kamis(5/12/2019) kehadiran kita menentukan masa depan desa untuk 5 tahun kedepan, “ucapnya mengimbau apabila ada warga yang belum terdaftar di DPT supaya menghubungi panitia Pilkades. 


Ditempat yang sama, Tokoh Masyarakat Muksi Sianipar juga berharap dalam Pilkades nanti tidak menimbulkan perpecahan sebab dalam pencalonan ke-5 orang calon seluruhnya adalah putra-putri Marga Sianipar. 


“Kalian adalah anak-anak kami yakinilah kami melalui visi dan misi kalian siapa yang terbaik. Jangan disaat kalah membuat masalah dan pertanggung jawabkanlah visi misimu setelah duduk nanti, “ucapnya juga berharap seluruh calon apabila sudah terpilih siap dikritik apabila ada penyimpangan. 


Perwakilan perantau, Parlin Sianipar juga memberi arahan kepada calon dan masyarakat supaya menghidupkan rasa gotong royong yang saat ini sudah terabaikan. 


“Siapapun yang terpilih nanti, tugas utama ciptakan kembali kearifan lokal rasa gotong royong baik dalam adat istiadat maupun menjalankan program desa. Libatkan warga disaat menjalankan pembangunan jangan hanya dilingkungan aparat desa, “pintanya.


Usai penyampaian berbagai sambutan, masing-masing Calon Kades menyampaikan visi dan misi dimulai dari nomor urut 1 Jumarar Sianipar, No 2 Dame Ria Sianipar, No 3 Panca Pukka Sianipar, No 4 Jhonson Sianipar dan No 5 Martin Sianipar. Keseluruhannya menyampaikan program kemajuan dan kemakmuran desa apabila sudah terpilih. (Mansur Pardede/Raden)