14 Juli 2024
Teks foto: Perusahaan kuliner dari sejumlah merek ternama juga ikut ambil bagian, karena Pesona Ramadhan ini diharapkan menjadi salah satu sarana kebangkitan UMKM,” kata Direktur Utama PT PPSU Refli Yuner saat diwawancarai wartawan di arena PRSU Medan, Rabu (20/3) petang. (Winda)

Medan (WartaDhana.Com): PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU) melibatkan sejumlah usaha kecil dan menengah (UMKM) kuliner termasuk dari berbagai merek atau brand ternama menyemarakkan kegiatan Pesona Ramadan 1445 H yang digelar arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Jalan Gatot Subroto Medan sejak 15 Maret hingga 15 April 2024.

“Perusahaan kuliner dari sejumlah merek ternama juga ikut ambil bagian, karena Pesona Ramadhan ini diharapkan menjadi salah satu sarana kebangkitan UMKM,” kata Direktur Utama PT PPSU Refli Yuner saat diwawancarai wartawan di arena PRSU Medan, Rabu (20/3) petang.

Ditambahkannya, tujuan dari pelaksanaan Pesona Ramadhan adalah untuk menggerakkan roda perekonomian di Sumut, sekaligus memberdayakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) setempat mendukung perekonomian Sumut.

Terkait dengan momentum penyelenggaraan Pesona Ramadhan 2024, ia menjelaskan bahwa Pesona Ramadhan merupakan agenda tahunan dan sudah kedua kali terlaksana.

Ada sekitar 150 UMKM yang terdiri dari sektor kuliner, otomotif, dan fashion turut serta menyemarakkan kegiatan bernuansa religi tersebut.

“Antusiasme pengunjung untuk tahun ini sangat luar biasa. Jumlah pengunjung per hari bisa mencapai 7.000 hingga 8.000 orang atau lebih banyak dibanding pelaksanaan tahun sebelumnya,” ucap Refli.

Dengan estimasi jumlah pengunjung Pesona Ramadhan rata-rata 6.000 orang per hari, ia memperkirakan perputaran ekonomi di ajang tersebut bisa mencapai miliaran rupiah.

Teks foto: Terlihat salah satu pengunjung sedang memesan Wonton RM. (Winda)

Lebih lanjut Refli Yuner mengatakan, penyelenggaraan Pesona Ramadhan juga memberikan edukasi bagi anak karena di arena tersebut turut digelar berbagai kegiatan, antara lain festival musik, perlombaan Da’i cilik dan pidato.
Selain itu, ada pula ratusan bazar yang menyediakan menu berbuka puasa bagi para pengunjung.

Dija, salah seorang penjual kuliner kekinian dengan brand “wonton” mengaku dagangannya itu sangat diminati pengunjung yang umumnya para kawula muda.

“Lokasi ini cukup ramai.Biasanya pengunjung semakin membludak menjelang buka puasa,” ucapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ibnu dan Rara, petugas di stand “Tea zone”.

Stand yang sekaligus mempromosikan rasa baru dari minuman Frestea, membagikan secara gratis kepada pengunjung dengan mengunduh aplikasi yang disediakan.

“Selain itu kami juga memberikan kupon undian secara gratis dengan beragam hadiah menarik,” ucap Ibnu.

Pengunjung juga boleh berfoto ria di dalam ruangan yang sengaja didesain semenarik mungkin dengan nuansa hijau.

Fasilitas yang disediakan membuat pengunjung di Pesona Ramadhan berbondong berkunjung ke lokasi itu.

“Setiap hari yang masuk ke stand kami sekitar 500 sampai 600 pengunjung, melampaui target yakni 360 orang per hari,” kata Rara.

Ada sejumlah menu kekinian lainnya di lokasi Pesona Ramadhan, di antaranya es jagung Hawai, Mie Wonton dengan harga yang terjangkau sekira Rp 20 ribu. / Porsi, kebab dan juice aneka rasa. (Winda)