16 Juli 2024
Teks foto: Danramil 01/Batangtoru Kodim 0212/Tapsel Kapten Inf H. Sirait bersama anggota Babinsa Koramil 01/Batangtoru langsung gerak cepat dan inisiatif melakukan perbaikan pagar sekolah yang roboh secara swadaya di SMAN 1 Batangtoru. Demikian hal tersebut dikatakan Danramil didampingi kepala sekolah SMAN 1 Btg Toru

Batangtoru – Danramil 01/Batangtoru Kodim 0212/Tapsel Kapten Inf H. Sirait bersama anggota Babinsa Koramil 01/Batangtoru langsung gerak cepat dan inisiatif melakukan perbaikan pagar sekolah yang roboh secara swadaya di SMAN 1 Batangtoru Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Selasa (27/09/2023)

Danramil 01/Batangtoru Kapten Inf H. Sirait mengatakan, salah satu titik pagar sekolah roboh terkena pohon kelapa yang tumbang akibat hujan deras yang terjadi beberapa hari belakangan ini.

“Persisnya, perbaikan pagar Sekolah yang roboh di SMA Negeri 1 Batang Toru. Penyebab dari robohnya tembok tersebut yaitu akibat pohon kelapa di dalam pekarangan sekolah yang tumbang menimpa pagar tembok sehingga roboh,” ujar Danramil.

Dalam hal ini, kami melakukan ini (perbaiki tembok yang roboh-red), sebagai langkah pengamanan lingkungan sekolah dan juga mengantisipasi para pelajar agar tak bisa keluar dan masuk Sekolah saat proses belajar mengajar berlangsung, kata Danramil

Lebih lanjut dikatakan Danramil, Beberapa waktu lalu, kawasan Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, kerap terjadi hujan deras disertai angin kencang. Akibatnya, Pohon kelapa di Sekolah yang berada di Kelurahan Aek Pining itu roboh dan rusak.

“Kami berinisiatif memperbaiki tembok yang berbatasan dengan rumah warga tersebut, menggunakan seng sementara,” jelasnya.

Aksi mulia mantan Pasi Intel Kodim 0212/Tapanuli Selatan dan jajaran itu, menuai decak kagum dari pihak Sekolah. Sebab, dengan inisiatif perbaikan tembok yang roboh, secara tidak langsung, Danramil membuat aksi nyata terapkan kedisiplinan bagi pelajar.

Ini juga merupakan salah satu bukti, kemanunggalan TNI. Sebab, Danramil beserta jajaran turut menyumbangkan peran sertanya dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Tapanuli Selatan.

“Harapannya, dengan adanya tembok yang kami perbaiki ini, para pelajar tidak ada lagi yang keluar-masuk Sekolah saat jam pelajaran. Selain itu, ini juga harapan kami bisa antisipasi niat para pelajar yang hendak meninggalkan Sekolah saat proses belajar mengajar,” tukasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Batang Toru, Khaerani Harahap, mengucapkan terima kasih kepada Danramil dan jajaran. Karena, turut memperhatikan dan membantu Sekolah memperbaiki tembok yang roboh.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak-bapak TNI, khususnya Bapak Danramil 01/Batangtoru dan jajaran. Kiranya perbaikan tembok memperlancar siswa kami dalam belajar” katanya. (Winda)