15 Juli 2024
Teks foto: Pelepasan burung Merpati dan pemukulan gong menandai dibukanya secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Tahun 2023 diwilayah Kodim 0207/Simalungun.

Simalungun (WartaDhana.Com):
Pelepasan burung Merpati dan pemukulan gong menandai dibukanya secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Tahun 2023 diwilayah Kodim 0207/Simalungun.

Kegiatan TMMD 117 yang dibuka oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasilohan Sinaga S.H., M.H.,Rabu 12 Juli 2023,di gelar di Lapangan Sepakbola ,Kec Panai Tengah.

Turut hadir acara pembukaan para Unsur Forkopimda,Danrem 022/PT yang diwakili Kasrem,para perwira Korem 022/PT ,Kapolres Simalungun AKBP Ronald Christian Sipayung. S.I.k,Kajari Simalungun,para Danramil jajaran Kodim 0207/Sml.

Upacara pembukaan tersebut diikuti para personel Satgas Tiga Matra dari TNI AD,AL dan AU serta personel Brimob dan unsur Ormas/OKP ,Pramuka,pelajar SMP,SMU/SMK dan warga masyarakat.

Upacara pembukaan bakti TNI guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat lewat program TMMD ke-117 Tahun 2023 tersebut di isi dengan hiburan penampilan Marching Band pelajar SMA Dharma Budi yang begitu memukau ratusan warga maayarakat dan para tamu undangan .

Bupati Simalungun dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Bakti TNI yang dikemas dalam program TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral. Program ini rutin digelar setahun tiga kali sebagai wujud kepedulian TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam pemberdayaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui seluruh program TMMD.

Selain itu, kegiatan TMMD merupakan bentuk kegiatan karya nyata bakti TNI bersinergi dengan Instansi Pemerintah dan seluruh komponen masyarakat untuk memotivasi dan menumbuh kembangkan kesadaran semangat dan gotong royong masyarakat dalam membangun desa,”sebut Bupati.

Bupati mengingatkan bahwa TMMD menghidupkan semangat gotong royong dan tingkatkan kebersamaan serta TMMD sarana Kreatif dan menambah wawasan masyarakat dengan program non fisik-Nya.

“Mari kita bersama sukseskan program TMMD 117 di wilayah Kodim 0207/Sml,” ajak Bupati.

Teks foto: Dansatgas mengatakan, Semoga kegiatan TMMD 117 berjalan lancar,disini kami dari TNI AD bersinergi dengan Polri,Pemkab dan unsur terkait serta warga masyarakat siap mensukseskan kegiatan TMMD demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung Pemkab mewujudkan pembangunan. (ist)

Kegiatan lintas sektoral TMMD 117 Kodim 0207/Sml digelar dalam sebulan mulai 12 Juli-10 Agustus dengan sasaran fisik dan non fisik dilaksanakan di Dusun Batangan Nagori, Desa Mekar Sari Raya Kecamatan Panei Tonga, Kabupaten Simalungun, Sumut tersebut mengerahkan 200 personel Satgas Tiga Matra dan Polri dibantu masyarakat.Selama kegiatan TMMD para Satgaa menginap dirumah keluarga asuh.

Untuk kegiatan fisik pekerjaan dan pembentukan badan jalan sepanjang 5200 meter lebar 8 meter,pekerjaan peningkatan jalan (Telford) sepanjang 800 meter lebar 3,5 meter,pekerjaan pembuatan Drainase (parit tanah) sepanjang 5200 meter lebar 1 meter dengan kedalaman 1 meter,pekerjaan gorong-gorong 11 unit.

Untuk sasaran non fisik adalah Sosialisasi /Penyuluhan Bela Negara,Wasbang, Sosialisasi pelayanan kesehatan, Pertanian, Pendidikan,Hukum dan Kamtibmas, Bahaya Narkoba,KB Kesehatan, Mitigasi Bencana,Penyuluhan Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Penyuluhan Pelayanan Publik dan Kependudukan.

Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan TMMD juga dapat menjadi wujud sinergi dan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat dalam Membangun Negeri yang dimulai dari pelosok desa sekaligus upaya menyelesaikan daerah yang dianggap terisolir guna memberi kesejahteraan kepada masyarakat.

Usai pelaksanaan upacara Pembukaan TMMD Dansatgas dan Bupati Tapsel serta Unsur Forkopimda menyerahkan bantuan paket sembako kepada anak stunting,menyerahkan kursi roda dan tongkat kepada lansia .

Kemudian meninjau kegiatan bakti sosial donor darah,bazar murah dan Motor Ambulance Babinsa.

Usai meninjau sejumlah kegiatan dilokasi pembukaan,Bupati didampingi Dansatgas dan Unsur Forkopimda meninjau sasaran fisik pembukaan jalan dengan menggunakam sepeda motor trael bantuam Kemhan RI.

Disini Bupati dan rombongan memberikan saran dan masukan agar pembangunan jalan dirawat yang sebaik-baiknya.

“Pergunakanlah dan rawatlah jalan tembus ke Sidamanik ini,jalan ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat disini dan masyarakat kedepan akan meningkat perekonomiannya,”pesan Bupati.

Amatan awak media , Dansatgas TMMD 117 Kodim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem., M.Han bersama personel Perwira Staf dan para Danramil serta anggota turut mendampingi Bupati meninjau seluruh pekerjaan fisik.

“Semoga kegiatan TMMD 117 berjalan lancar,disini kami dari TNI AD bersinergi dengan Polri,Pemkab dan unsur terkait serta warga masyarakat siap mensukseskan kegiatan TMMD demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung Pemkab mewujudkan pembangunan,”sebut Dandim. (Pen/Winda)