3 Desember 2023

Medan ( WartaDhana.Com ): Kabinda Sumut Brigjend TNI H. Asep Jauhari turut mendampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melakukan patroli pengamanan malam tahun baru 2023. Bersama jajaran Forkopimda dan Walikota Medan Bobby Afif Nasution, Gubernur Edy Rahmayadi melakukan patroli pengamanan di seputaran Kota Medan.

Edy Rahmayadi beserta rombongan melakukan patroli pengamanan mulai dari Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto dan berakhir di Lapangan Merdeka. Kota Medan terpantau padat di beberapa titik yang menyelenggarakan berbagai acara menyambut tahun baru.

“Cukup padat dan beberapa titik juga terjadi kemacetan, itu normal karena lebih dari dua tahun kita tidak melakukan kegiatan seperti ini, karena Covid-19,” kata Edy Rahmayadi di Pos Satlantas Purjawali, Lapangan Merdeka, Medan, Sabtu (31/12) malam.

Edy Rahmayadi juga mengatakan saat ini Sumut dipadati pemudik setelah dua tahun dilanda Covid-19. Menurut keterangannya, lebih dari 50 ribu perantau yang mudik ke Sumut tahun ini.

“Dua tahun rakyat kita yang merantau tidak merayakannya bersama keluarga karena covid, nah makanya sekarang lebih padat, tetapi semua sudah diantisipasi Kapolda dan Pangdam,” kata Edy Rahmayadi.

Menurut keterangan Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, ada 85 titik pengamanan khusus malam tahun baru. Selain itu, Polda juga menambah personel pengamanan sebanyak 1.325 orang, penambahan terbanyak berada di Kota Medan sekitar 700 personel.

“Ke 85 titik itu baik di lapangan terbuka, hotel, destinasi pariwisata dan lainnya dan sampai saat ini situasi berjalan dengan baik,” kata Panca Putra Simanjuntak.

Saat melakukan patroli, rombongan Gubernur Edy Rahmayadi sempat meninjau perayaan Natal di Gereja Santo Fransiskus Asisi Padang Bulan, Medan. Setelah itu, Gubernur  bersama Forkopimda melaporkan secara virtual kondisi terkini perayaan pergantian tahun di Sumut kepada Kapolri Jendral Listyo Sigit dan Panglima TNI Jendral Yudo Margono.

Turut serta pada patroli pengamanan tahun baru kali ini Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Kabinda Sumut Asep Jauhari dan Staf Ahli Sosbud BIN Tata Perwata. Hadir juga saat teleconference dengan Kapolri dan Panglima TNI, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut Baharuddin Siagian, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas S Sitorus dan Kepala Biro  Perekonomian Naslindo Sirait. (Winda)