29 Februari 2024

Situbondo (WartaDhana.Com: Dalam rangka melatih kemampuan untuk dapat bertahan hidup di hutan, prajurit Korps Marinir dan US Marine Corps (USMC) melaksanakan latihan Jungle Survival di Puslatmar 5 Baluran Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur. Rabu (14/12/2022).

Jungle survival merupakan ilmu bertahan hidup dalam keadaan darurat dengan memanfaatkan alam sekitar agar dapat bertahan hidup. Kegiatan diawali dengan pemberian materi tentang navigasi darat, mengesan jejak, pemanfaatan sumberdaya alam yang dapat digunakan untuk bertahan hidup serta cara mengolahnya di hutan. Kegiatan tersebut juga selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar senantiasa membangun SDM yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir Letkol Marinir Supriyono, CTMP selaku Dansatgas Korps Marinir menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengasah kembali naluri prajurit untuk dapat bertahan hidup dengan cara memanfaatkan alam sekitar. Dimana kesiapan mental dan fisik merupakan kunci utama keberhasilan survivor untuk dapat bertahan hidup.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian dari Latihan Bersama Cooperation Afloat Readiness And Training (CARAT) tahun 2022. (Puspen TNI/Winda)