19 Juli 2024

Madina (WartaDhana.Com): Dalam rangka menekan laju inflasi Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Pemkab Madina), Sumatara Utara (Sumut) menyalurkan ribuan bibit tanaman cabe rawit dan merah untuk ditanam dipekarangan rumah.

Bupati Madina HM Jakfar Sukhairi Nasution melalui Asisten II dr Syafruddin Nasution mengatakan, ada 6.000 polybag bibit cane yang akan di tanam di dipekarangan rumah warga di sembilan Kelurahan di Kecamatan Panyabungan.

Demikian hal tersebut dikatakan dr Syafruddin Nasution pada saat Pembagian bibit cabe yang dipusatkan di Sopo Godang, Kelurahan Kota Siantar, Kecamatan Panyabungan, selasa (27/12/2022).

“Pembagian bibit ini dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah guna menjaga ketersedian pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, mendukung kelancaran distribusi dan stabilitas perekonomian di daerah dalam upaya mengantisipasi terjadinya kekurangan pasokan dan ketersedian cabe merah di Kabupaten Madina,” sebut Syarifuddin.

Diharapakna dengan bibit yang diberikan dapat dipelihara dan dirawat dengan baik sehingga bermanfaat sesuai dengan yang diharapkan.

“Mudah-mudahan bibit ini bisa bermanfaat, dan buahnya bisa banyak sehingga rumah tangga bisa merasakan. setidaknya bisa membantu ekonomi keluarga,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Siar Nasution menyampaikan, untuk menekan inflasi Pemprovsu dan Madina telah membuat program tanam cabe.

Pertama, pembagian bibit cabe merah sebanyak 600 batang yang telah dibuat dalam bentuk polybag yang diberikan kepada 9 Kelurahan di Madina yang bersumber Dinas Pertanian.

Kedua, bantuan cabe merah untuk 23 Desa di tujuh Kecamatan Sumber dana P-APBD Madina, dan bantuan benih cabe merah dengan luas 16, 30 hektar untuk 7 Desa di enam Kecamatan yang bersumber daru Dana APBN 2022.

Selanjutnya bantuan benih cabe dengan luas 19,5 hektar untuk delapan Desa di satu Kecamatan sumber dana APBN 2022.

Bantuan benih cabe merah dengan luas 17 hektar untuk 16 desa di delapan kecamatan yang bersumber dari dana APBD Provinsi Sumut.

“Program ini untuk menekan laju inflasi salah satunya dari pertanaman cabe, makanya kita melaksanakannya ,” kata Siar.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten II drg Syafruddin nasution, Kepala Dinas Pertanian Siar Nasution, Kadis Koperasi, Pabung Inf David Sidabutar, Kapolsek dan camat Panyabungan, serta tokoh masyarakat Kota Siantar. (Winda/rel)