14 Juli 2024

Deliserdang (WartaDhana.Com): Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah bersama Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin  memastikan kesiapan Bandar Udara Kualanamu dalam menghadapi arus mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023, Sabtu (24/12).

Kondisi Bandar Udara Kualanamu mulai ramai dengan penumpang yang akan melakukan perjalanan untuk merayakan Natal maupun Tahun Baru. Prediksi titik arus mudik puncak jatuh pada hari ini dan untuk puncak arus balik pada 2 Januari 2023.

Dalam kesempatan itu, Ijeck sapaan akrab Musa Rajekshah menyampaikan, penumpang di Kualanamu mulai normal setelah pandemi dan hingga saat ini masih tampak aman dan kondusif. Ia mengapresiasi seluruh petugas di Pos Terpadu dan PT Angkasa Pura Aviasi Bandar Udara Internasional Kualanamu, yang telah melakukan berbagai persiapan dengan baik untuk melayani seluruh penumpang.

“Kita tadi cek Pos Terpadu Bandara, semua berjalan kondusif. Kita melihat tadi CCTV, dari kendaraan yang keluar kami harap Angkasa Pura pintu gerbangnya bisa dibuka semua Pak, baik kedatangan dan juga kepulangan dari bandara,” ujarnya.

Ia pun berharap seluruh petugas baik itu dari Angkasa Pura, TNI dan Polri, KKP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan seluruh stakeholder terkait bisa bekerja dengan semangat dan turut memastikan arus mudik Nataru kali ini aman, nyaman, tenang dan lancar mengingat jumlah penumpang sudah mulai kembali normal.

“Harapan yang sama juga untuk seluruh petugas yang melakukan penjagaan dan pengetatan di pintu keluar masuk, pelabuhan maupun terminal,” ujar Ijeck.

Sementra itu Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak menyampaikan Pos Terpadu ini memberikan pelayanan baik di bandara, terminal dan pelabuhan. “Pos Terpadu ini melibatkan seluruh stakeholder, jumlah petugasnya ada 64 orang dilakukan secara bergantian untuk melayani masyarakat yang terbang maupun datang begitu juga pelabuhan dan tempat lainnya,” katanya sembari mengatakan pihaknya akan menggelar patroli gabungan skala besar, Sabtu malam.

Tampak hadir Director of Operation PT Angkasa Pura Aviasi Heriyanto Wibowo menyambut kedatangan Wagub, Kapolda dan Pangdam.

Disampaikan Heriyanto, dalam mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang, sampai saat ini tercatat beberapa maskapai yang menyiapkan tambahan jumlah penerbangan atau (Ekstra Flight) seperti Garuda Indonesia dengan frekuensi 6 kali dalam seminggu, 1 ekstra flight dari Lion Air pada tanggal 22 Desember 2022 dan 1 ekstra flight dari Batik Air pada tanggal 23 Desember 2022.

“Dengan adanya Ekstra Flight maka di harapkan kuota penumpang yang akan melakukan perjalanan bisa terpenuhi dan imbang,” katanya.

Tambahnya, sebanyak 123.562 penumpang dan 978 pergerakan pesawat tercatat selama dimulainya periode posko 19 – 23 Desember 2022. “Tambahan jumlah personel pengamanan baik internal maupun eksternal kita lakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sebagai dampak dari kenaikan penumpang. Kegiatan patroli mobil dan online report ke posko-posko juga kami lakukan dengan optimal,” tutupnya. (Winda)