16 Juli 2024

Medan (  WartaDhana.Com  ): Kalangan jurnalis berharap perlu segera dibentuk tim formatur berkaitan dengan rencana pelaksanaan pemilihan koordinator wartawan unit Pemprov Sumut.

“Terkait dengan rencana pemilihan koordinator wartawan unit Pemprov Sumut, tentunya perlu diawali dengan pembentukan tim formatur,” kata wartawan senior Yoko Susilo Chou di Medan, Sabtu (26/11) kemarin.

Bahkan, menurut pria yang akrab disapa Mas Joko ini, jika perlu sebelum tim formatur terbentuk para wartawan yang selama ini melaksanakan tugas jurnalistik di lingkungan Pemprov Sumut sebaiknya duduk bersama untuk membentuk steering committee (SC) dan organizing committee (OC).

Langkah tersebut, kata Mas Joko dimaksudkan agar proses dan mekanisme pemilihan koordinator wartawan unit Pemprov Sumut berjalan secara demokratis dan transparan.

ia memastikan jika proses dan mekanisme pemilihan koordinator mengedepankan azas Demokrasi dan transparansi, maka ke depan akan berdampak positif bagi kelangsungan kinerja kelompok kerja wartawan Pemprov Sumut.

Ia mengaku bahwa dirinya sepakat dengan para insan pers lainnya yang bertugas di Pemprov Sumut yang umumnya menginginkan perlunya penyegaran di tubuh kelompok kerja insan pers tersebut.

“Komposisi kepengurusan kelompok kordinasi wartawan unit Pemprov Sumut perlu dikoordinir oleh wajah-wajah baru agar ke depan ada perubahan ke arah yang lebih baik,” tuturnya.

Dia menilai ada beberapa nama kandidat yang dinilai tepat untuk diusung menjadi calon koordinator wartawan unit Pemprov Sumut untuk periode berikutnya.

Namun, Mas Joko mengaku belum bersedia menyebutkan nama yang dinilainya tepat untuk maju dalam kontestasi pemilihan koordinator wartawan unit Pemprov Sumut itu.

“Saran saya yang terpenting saat ini dilaksanakan adalah bagaimana bisa segera dibentuk tim formatur tanpa ada intervensi dari pihak manapun,” ucap jurnalis yang punya pengalaman meliput hingga ke beberapa negara ini. ( Winda)