16 Juli 2024
Teks foto: Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni bergerak cepat melakukan audiensi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo.Ist

Jakarta (WartaDhana.Com): Belum genap 12 jam dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni bergerak cepat melakukan audiensi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo guna membahas kesiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumatera Utara. Pertemuan ini berlangsung di Jl Denpasar Raya, Kuningan, Jakarta, Senin (24/6/2024).

Dalam kesempatan ini, Menpora menyampaikan bahwa Fatoni telah terlibat sejak awal dalam kesiapan pelaksanaan PON XXI Sumut-Aceh. Terlebih Fatoni juga menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementeruan Dalan Negeri (Kemendagri) yang bersama-sama mencari solusi permasalahan penyelenggaraan PON.

“Pak Fatoni sejak awal sudah ikut terlibat dalam pembahasan kesiapan PON di Sumut dan Aceh, khususnya terkait penganggaran,” kata Menpora.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni menyampaikan pada prinsipnya persiapan pelaksanaan PON XXI Sumut-Aceh sudah baik. Namun masih diperlukan percepatan dikarenakan masih ada beberapa venue cabang olahraga (cabor) yang perlu dipindahkan.

Teks foto: Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni bergerak cepat melakukan audiensi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo. Ist

“Pada prinsipnya kesiapan PON di Sumatera Utara sudah berproses hanya perlu percepatan dan ada venue yang perlu dipindahkan karena belum siap digunakan,” ucap Fatoni.

Oleh karena itu, pada Kamis (27/6) mendatang Fatoni akan mengadakan dan memimpin langsung Rapat bersama PB PON Sumatera Utara juga Kemenpora guna memberikan arahan sekaligus membahas persiapan pelaksanaan PON XXI Sumut-Aceh.

“Nanti pada hari Kamis (27/6) saya akan pimpin langsung Rapat dengan PB PON Sumatera Utara bersama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga,” kata Fatoni.

Sebagaimana diketahui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian baru saja melantik Agus Fatoni sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggantikan posisi Hassanudin yang sebelumnya menjabat sebagai Pj Gubernur Sumut pada Senin (24/6) sore. Agus Fatoni berpengalaman menjadi kepala daerah di dua wilayah, yaitu Provinsi Sulawesi Utara dan Sumatera Selatan.

Selain pernah menjadi kepala daerah, Agus Fatoni juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri definitif. Secara terpisah, Mendagri percaya bahwa Agus Fatoni mampu mempercepat persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumatera Utara pada bulan September mendatang.

“Kita dorong Pak Fatoni ini adalah Dirjen Keuda di Kemendagri dan ini sudah pernah dua kali jadi Pj itu di Sulawesi Utara dan Sumatera Selatan,” kata Mendgagri usai pelantikan Pj Gubernur di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kantor Kemendagri, Senin (24/6/2024).

“Sehingga kemampuan lapangan ini beliau paham, kemampuan administrasi keuangan juga mengerti. Sehingga bisa dengan cepat menyelesaikan masalah masalah yang berkaitan dengan keuangan untuk persiapan PON,” sambungnya. (Winda)