15 Juli 2024
Teks foto: Caleg DPRD Sumut Bobby Zulkarnain Respon Aspirasi Masyarakat Terkait Pemekaran Kabupaten Deli Serdang. (Ist)

Medan (WartaDhana.Com): Politisi Partai Gerindra Sumut, Bobby Octavianus Zulkarnain merespon adanya keinginan kuat masyarakat di sejumlah kecamatan di Kabupaten Deli Serdang untuk dilakukannya pemekaran wilayah kabupaten tersebut, sehingga terbentuk kabupaten baru.

Bobby Octavianus Zulkarnain yang merupakan calon legislatif (Caleg) untuk DPRD Sumatera Utara dari Dapil Sumut 3 (Deli Serdang), merespon aspirasi masyarakat tersebut setelah melakukan sejumlah kunjungan sosialisasi ke wilayah-wilayah di Dapil-nya.

“Terutama wilayah Dapil di beberapa kecamatan yang selama ini masyarakatnya telah menginginkan dilakukannya pemekaran wilayah Kabupaten Deli Serdang menjadi kabupaten baru,” kata Bobby kepada wartawan di Medan, Selasa (26/9/2023).

Di antara wilayah tersebut, dikatakan Bobby, adalah Kecamatan Sunggal, Kutalimbaru, Pancurbatu, Sibolangit, Sibirubiru, Namorambe, Delitua, Patumbak, STM Hulu dan STM Hilir.

Respon Bobby terkait adanya aspirasi masyarakat tersebut, dia mendukung jika semangatnya adalah untuk pemerataan pembangunan atau menekan angka kesenjangan pembangunan antar wilayah.

“Wacana pemekaran ini kan sudah ada sejak lama. Ini satu hal yang lumrah, mengingat luas wilayah Deli Serdang. Yang saya jalani sendiri selama melakukan sosialisasi, jarak antar wilayah terlalu jauh sehingga wajar jika kemudian masyarakatnya ingin kemudahan ketika hendak mengurus sesuatu ke pusat pemerintahan,” ungkapnya.

Untuk itu, Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sumut tersebut mengatakan wacana pemekaran Kabupaten Deli Serdang harus dibahas lagi secara komprehensif.

“Tentunya dengan melakukan tinjauan-tinjauan seperti aspek yuridis, ekonomi, sosio-kultural dan sebagainya,” sambung Bobby.

Sejauh ini, Bobby melihat, wilayah-wilayah yang menginginkan pemekaran cukup memiliki keunggulan komparatif, di antaranya dengan potensi-potensi di bidang pertanian, perkebunan, pariwisata serta perdagangan.

“Saya kira itu cukup mendukung, selain sebagai sumber perekonomian masyatakat juga akan mampu menjadi penopang bagi PAD jika suatu saat nanti wilayah tersebut jadi berdiri sendiri,” ujarnya.

Kembali, Bobby Zulkarnain menilai, sangat wajar ada usulan pemekaran Kabupaten Deli Serdang, karena adanya keinginan masyarakat untuk mendapatkan aspek pemerataan pembangunan serta mendekatkan pelayanan publik.

“Jadi, diharapkan bisa tercapainya pemerataan dan percepatan pembangunan dengan jenjang pengawasan yang lebih mudah, serta pelayanan kepada masyarakat yang juga lebih dekat,” tambah pria yang juga menjabat Ketua Badan Cyber Media Gerindra Sumut ini.

Bobby pun mengetahui sudah ada tokoh-tokih masyarakat yang membentuk panitia pemekaran Kabupaten Deli Serdang yang telah menyampaikan usulan tersebut ke pemerintah kabupaten serta provinsi dan DPRD Sumut.

Namun belum adanya rekomendasi dari Bupati Deli Serdang serta adanya keputusan pemerintah pusat untuk melakukan moratorium pemekaran daerah, jadi penghambat direalisasikannya usulan tersebut.

“Hanya saja, dengan adanya aspirasi yang kuat dari masyarakat yang sangat menginginkan adanya peningkatan pembangunan dan kesejahteraan, wacana ini harus terus disikapi bersama seluruh pemangku kebijakan sehingga pada waktunya nanti bisa dibahas lebih komprehensif,” jelas Bobby. ( Winda)