15 April 2024
Teks Foto: Mabes TNI AD dalam hal ini Pusat Teritorial Angkatan Darat (PUSTERAD) menyelenggarakan kegiatan Kemampuan Intel Teritorial (GARPUAN INTEL TER) Tahun 2023. (Pendim 0209/LB)

Medan (WartaDhana.Com): Mabes TNI AD dalam hal ini Pusat Teritorial Angkatan Darat (PUSTERAD) menyelenggarakan kegiatan Kemampuan Intel Teritorial (GARPUAN INTEL TER) Tahun 2023 bagi satuan jajaran Kodam I/BB yang mana kegiatannya digelar di Hotel Anteras jalan Sisingamangaraja No 84 Medan, Rabu (7/6).

Jumlah peserta penataran GARPUAN INTEL TER ini, sebanyak 80 orang terdiri dari unsur Kodim yang ada di Kodam I/BB, sedangkan Kodim 0209/LB mengirimkan Danramil 09/Negeri Lama Kapten Cba Pendapotan Matondang, S.H dan 2 orang Babinsa Sertu M. Ridwan & Serda Elon Nidas Barus yang akan mengikuti kegiatan selama 3 hari kedepan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menambah pendalaman dan pemahaman tentang tugas serta tanggungjawab aparat Intelijen dan aparat Teritorial dalam menyikapi perkembangan situasi yang semakin dinamis,” dalam sambutan yang dibacakan Pabandya Pusterad Kolonel Inf Zailani di Medan.

Pabandya mengatakan, salah satu potensi ancaman bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara antara lain gerakan yang ditimbulkan oleh kelompok radikal.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Penyelenggaraan Kemampuan Intel Teritorial Satkowil TNI ini dapat meningkatkan kemampuan aparat Intelijen dan aparat Teritorial TNI dalam mendeteksi berbagai bentuk perkembangan yang ada di wilayah.

Kegiatan GARPUAN ini, menurut dia, mengandung makna, bahwa sangat diperlukan kembali Intelijen Community dan diimplementasikan dalam koordinasi yang nyata di lapangan, keterbukaan informasi dari satuan paling bawah sampai satuan yang tertinggi.

“Pimpinan TNI memiliki komitmen yang kuat dalam rangka mewujudkan interoperabilitas satuan TNI dan pihak lain yang berkaitan kegiatan ini, termasuk yang berhubungan dengan tugas-tugas Intelijen dan Teritorial,” ucapnya.

Ia mengatakan, kemauan keras tersebut merupakan modalitas yang sangat besar dan perlu dimanfaatkan seperti halnya penyelenggaraan Kemampuan Intel Teritorial Satkowil.

“Membuktikan bahwa komunitas Intelijen dan Teritorial TNI mengambil peluang dan tantangan dalam rangka penguatan, peningkatan kemampuan Intelijen, serta Teritorial secara optimal dimasa yang akan datang,” tutupnya

Terpisah Dandim 0209/LB melalui Kasdim Mayor Inf Hendra Gunawan mengatakan, “terhitung mulai hari ini Rabu sampai dengan hari Jumat telah kita kirimkan 3 personel untuk mengikuti kegiatan Garpuan Intel Ter di Kodam I/BB, dipimpin oleh Danramil 09/NL Kapten Cba Pendapotan Matondang, S.H, tujuannya untuk mengasah kemampuan masing-masing dalam pelaksanaan tugas agar mengedepankan koordinasi yang nyata serta keterbukaan informasi dilapangan”, jelas Kasdim. (Winda/Pendim)