26 Februari 2024
Teks foto: Bakamla RI berhasil mengevakuasi anak buah kapal (ABK) KLM. Sumber Jaya Laut yang mengalami mati mesin di perairan Tenggara Pulau Rote, Minggu (21/5/2023). (Humas Bakamla RI)

Pulau Rote (WartaDhana.Com): KN. Pulau Nipah – 321 Bakamla RI berhasil mengevakuasi anak buah kapal (ABK) KLM. Sumber Jaya Laut yang mengalami mati mesin di perairan Tenggara Pulau Rote, Minggu (21/5/2023).

Sebelumnya, pada Minggu dini hari, KLM. Sumber Jaya Laut yang telah berlayar selama lebih dari lima hari dari Kupang, meminta pertolongan melalui sinyal lampu karena kapalnya mengalami mati mesin. Ditambah dengan cuaca buruk, kebocoran tak terelakkan dan terjadi di kamar mesin. Hal tersebut mengakibatkan air masuk hingga ke geladak kapal.

Kebocoran tidak dapat ditangani, dan air yang masuk tidak dapat dipompa keluar dengan mesin yang ada. Perlahan-lahan KLM. Sumber Jaya Laut mulai tenggelam.

Beruntung, KN. Pulau Nipah – 321 yang sedang melaksanakan operasi Gannet 7/23 sedang berada tidak jauh dari kapal tersebut. Pertolongan dilakukan, dan seluruh ABK KLM. Sumber Jaya Laut yang berjumlah 7 orang, dinyatakan selamat. Hingga berita ini diturunkan, kapal itu sedang di tarik menuju Kupang.(Bakamla RI/Azly)