18 Mei 2024

Medan (WartaDhana.Con): Isu dugaan hubungan istimewa Sekda Provinsi Sumut Arif Tri Nugroho dengan ASN berinisial DS merebak di  kalangan Pemprov Sumut.

Hubungan istimewa keduanya bahkan kerap menjadi perbincangan hangat termasuk di kalangan  pejabat berbagai instansi di provinsi ini.

Salah seorang pejabat yang ditanya wartawan seputar indikasi tersebut, Selasa (10/1) bahkan spontan tertawa menanggapinya.
“Wah gawatlah ini,” kata pejabat tersebut, namun menolak untuk berkomentar lebih jauh.

Sebagaimana diketahui Arif Tri Nugroho belum setahun menduduki jabatan Sekda Pemprov Sumut. Sebelumnya ia menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemprov Sumut.

Sementara ASN berinisial DS tersebut saat ini bertugas di Biro Pemerintahan  dari sebelumnya merupakan pegawai Dinas Perizinan setempat.

Diduga hubungan istimewa itu sudah berlangsung lama dan kerap menjadi buah bibir.
Bahkan menurut salah seorang ASN sudah menjadi rahasia umum di mana ada Sekda DS selalu mendampingi termasuksaat bertugas ke luar kota.

“Wanita itu kerap menemani,  meskipun sama sekali tidak terlibat dengan tugas-tugas tersebut,” katanya. Pada hari- hari tertentu, keduanya juga terlihat asyik bersepeda bersama.


Beberapa pejabat Pemprov Sumut juga kerap terheran dengan kedekatan itu, apalagi hampir setiap hari DS selalu berada di ruangan Sekda yang berlokasi di lantai 9 Gedung Kantor Gubernur Sumut.
“Saya sangat risih melihat situasi ini. Padahal  tidak ada kaitan antara tugas perempuan itu dengan tugas Sekda, tapi keduanya selalu bersama ”katanya.

Belakangan, lanjut dia muncul kecurigaan dari sejumlah orang kalau Sekda sudah menyiapkan jabatan baru yang  lebih strategis kepada DS. Kabarnya jabatan itu adalah sebagai Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumut yang saat ini masih kosong.

“,Mungkin saja Sekda akan menyiapkan DM untuk menduduki posisi Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Sumut.  Buktinya, Sekarang ini saja posisinya sudah naik sebagai Kabag Kerjasama Biro Pemerintahan. Selangkah lagi dia akan duduk sebagai Kepala Biro,” kata sumber tersebut.


Padahal, DS tergolong masih baru sebagai ASN di Pemprov Sumut. Dari sisi jabatan dan pengalaman kerja, belum saatnya ia menduduki kepala biro yang setara dengan jabatan eselon II. Namun diduga karena hubungan istimewanya dengan Sekda, sudah menjadi rahasia umum kalau DS merupakan pejabat yang sangat diistimewakan di Pemprovsu.


Pembicaraan tentang DS terus menjadi topik termasuk disebut sebut di berbagai group WA pejabat Pempropvsu.  Bahkan sejumlah wartawan menerima terusan pesan dari grup  WA Pemprov SU dengan kalimat, “ Gila kali coy…. Selalu saja ada perempuan tu di mana pu Sekda berada. Entah apapun fungsinya di sana.”

DM sendiri sebelumnya merupakan staf di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemprovsu. Setelah Arief dilantik sebagai Sekda pada 19 Agustus 2022, tak lama kemudian DM dipindahkan ke Biro Pemerintahan. Sejak itupula hubungan Sekda dengan DS mulai terlihat sangat dekat dan
  menjadi gossip   hangat di kalangan ASN Pemprovsu.


Saat persoalan ini dikonfirmasi wartawan ke nomor WA Arif Trinugroho maupun ke oknum ASN berinisal DS tidak berbalas. Meski konfirmasi ke nomor Arif terlihat contreng biru, namun sepertinya pejabat teras Pemprov Sumut itu enggan memberikan jawaban.(tim)