15 April 2024

Mandailing Natal (WartaDhana.com): Masyarakat di sekitar Kecamatan Ulu Pungkut, Kab Mandailing Natal,  berbondong-bondong mendatangi Pos Kesehatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut), Rabu (12/10), di Desa Huta Godang. Mereka memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan gratis seperti Iva Test, pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, asam urat, vaksinasi anak dan lainnya.

Masyarakat mengaku terbantu dan senang dengan layanan kesehatan ini. Apalagi menurutnya di Kecamatan Ulu Pungkut, banyak manula yang sudah kurang memperhatikan kesehatannya.

“Tentu kami senang, terbantu adanya pos kesehatan di sini, banyak di sini yang sudah tua-tua, sudah kurang peduli sama kesehatannya, adanya pos ini membut mereka bersemangat untuk melihat kesehatannya,” kata Wasarukin Batubara, warga Huta Godang.

Selain untuk orang tua, Pos Kesehatan Pemprov Sumut juga memberikan pelayanan kepada bayi, batita dan balita. Layanan kesehatan bayi ini diserbu ibu-ibu dari berbagai desa di Ulu Pungkut dan sekitarnya. Salah satu warga Suryani Batubara yang membawa keponakannya ke Pos Kesehatan bersyukur bisa mendapat vaksin PCV dan vitamin dari Pemprov Sumut.

“Bersyukur kami yang di desa ini masih diperhatikan pemerintah, ada juga vaksin baru katanya untuk pneomonia, mudah-mudahan kami terus diperhatikan seperti ini,” kata Suryani Batubara.

Ini merupakan salah satu langkah Pemprov Sumut menekan angka stunting di desa-desa terujung Sumut. Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengingatkan masyarakat untuk menerapkan hidup sehat sesuai anjuran tenaga kesehatan.

“Edukasi itu lebih penting dan diterapkan masyarakat, bapak/ibu sekalian diingat apa yang dikatakan dokter, kalau tidak boleh makan duren jangan, ingat pantangannya biar tidak sakit,” kata Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Nawal Lubis saat mengunjungi Pos Kesehatan.

Edy Rahmyadi juga berpesan kepada tenaga kesehatan untuk melakukan pendataan terkait kesehatan masyarakat. Dengan begitu lebih mempermudah untuk mengambil kebijakan terkait kesehatan di daerah tersebut.

“Nakes di data dengan baik masyarakat kita di sini, jadi kita punya gambaran apa yang harus dilakukan atau kita bisa cari tahu penyebabnya sehingga bisa mencegah penyakit yang berkembang,” kata Edy Rahmayadi yang didampingi Kadis Kesehatan Sumut Ismail Lubis.

Ikut mendampingi Gubernur, Plt Kadis Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Bambang Pardede, Plt Kabiro Kesejahteraan Rakyat Baharuddin Siagian, dan OPD terkait lainnya. Juga hadir Ivan Iskandar Batubara, tokoh masyarakat, tokoh agama. (Winda)