3 Desember 2023
Teks foto: Gubsu Edy Rahmayadi Ajak LPM Ikut Membangun Desa Menata Kota

Medan (WartaDhana.Com): Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Sumut untuk bersinergi dalam program Membangun Desa Menata Kota. Apalagi, kehadiran LPM sangat berpengaruh besar pada kesejahteraan hingga permasalahan masyarakat desa.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat menghadiri pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LPM Sumut, di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan, Kamis (6/7). “Fungsi LPM sangat berpengaruh besar pada kesejahteraan hingga permasalahan masyarakat desa. Ada atap warga mau jatuh saja, ini LPM datangi rumah itu,” kata Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi memaparkan, hingga saat ini banyak orang melakukan urbanisasi. Jumlah penduduk di kota lebih banyak ketimbang desa. “Semakin habis rakyat di desa, semakin republik ini tak tahu arahnya kemana, inilah tagline yang dibikin, membangun desa menata kota,” kata Edy.

Banyak hal atau urusan yang mesti dikerjakan oleh LPM. Mulai dari ideologi bangsa, kesejahteraan masyarakat, bahkan masalah kesehatan seperti stunting. “Inilah fungsi LPM, membantu masyarakat desa,” ujar Edy.

teks foto: Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LPM Republik Indonesia (RI) Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengharapkan, para pengurus yang baru dilantik untuk bekerja konkret memajukan masyarakat desa.

Edy juga meminta LPM untuk mengawal Kepala Desa dalam menjalankan pembangunan di desa. LPM merupakan mitra pemerintahan desa dalam menyejahterakan masyarakat.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LPM Republik Indonesia (RI) Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengharapkan, para pengurus yang baru dilantik untuk bekerja konkret memajukan masyarakat desa. Ia pun meminta pengurus untuk bersinergi dengan Pemprov Sumut, khususnya Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk menyukseskan program yang ada di desa.

Doli juga mengapresiasi dukungan penuh Edy Rahmayadi untuk LPM Sumut. “Pak Gubernur, saya titip LPM ini untuk bisa dibimbing, dibina untuk bekerja sungguh-sungguh, hanya mengabdi untuk rakyat, kalau sinergi ini bisa berjalan baik, seluruh agenda LPM termasuk agenda Pak Gubernur insya Allah segera terwujud,” ujar Doli.

Adapun pengurus yang dilantik di antaranya Ketua DPD LPM Sumut Rolel Harahap, Bendahara Sam R Siahaan, Sekretaris Indra Mada Ritonga dan lainnya. 

Ketua DPD LPM Sumut Rolel Harahap mengapresiasi Gubernur Sumut yang telah melaksanakan tanggungjawabnya sebagai fasilitator LPM di Sumut. “Untuk itu kami atas nama DPD LPM Sumut mengucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur,” ujar Rolel yang didampingi Sekretaris Indramada Ritonga