29 Februari 2024
Teks foto: Teks foto: Dandrem 023/KS Kol. Inf Lukman Hakim Laksanakan Program Penguatan Bela Negara Bagi generasi muda

 

Sibolga (Wartadhana.Com): Dandrem 023/KS Kol. Inf Lukman Hakim mengatakan, kita saat ini sedang melaksanakan program penguatan Bela Negara bagi generasi muda. Pesertanya adalah anak-anak muda yang pernah  terpengaruh narkoba, anak-anak yang suka nge-lem, dan ternyata disini banyak. 


” Untuk itu kita melakukan penguatan Bela Negara.  Yaitu seperti anak-anak yang sudah di sweeping yang sudah ditangkap oleh Satpol PP maupun Polres dicatat kemudian kita panggil orgtuanya agar anak-anak mereka kita berikan bimbingan dan pembekalan,” jelas Dandrem 023/KS Kol. Inf Lukman Hakim kepada wartawan Jumat (28/7) petang diruangannya.


Lebih lanjut dijelaskan Dandrem, sebelumnya  setiap Sabtu dan Minggu kita melaksanakan Subuh Berjamaah, disitu kita bahas tentang tentang anak-anak jalanan yang putus sekolah, anak yang sempat kecanduan narkoba dan juga yang suka nge-lem. Nah, disitulah saya bersama anggota  langsung melaksanakan program penguatan bela negara membuat pembekalan terhada anak-anak ini. Karena, anak-anak ini adalah generasi bangsa yang harus terus kita bimbing.

Teks Foto: Danrem 023/KS didampingi anggota langsung menyaksikan mengajarkan kepada para anak-anak cara menggoreng bakwan, keripik dan lainnya.


Sesuai program kita, harusnya anak-anak tersebut kita berikan pembekalan selama 7 hari. Akan tetapi mengingat mereka ada yang masih sekolah biar tidak terlalu lama libur sekolah akhirnya selama 3 hari mereka tinggal di aula Makorem 023/KS sebanyak 30 orang.


“Dan, kegiatan mereka bangun pagi sholat Subuh bagi yang beragama Islam, senam,  apel pagi baris  ber-baris. Setelah itu kita berikan bimbingan dan arahan tentang Bela Negara,  wawasan kebangsaan,  tentang bahaya narkoba , tentang keagamaan selain dapat di mesjid disini juga kita berikan pembekalan,” jelas Danrem yang memiliki banyak ide-ide positif untuk kepentingan masyarakat banyak khususnya anak-anak muda.


Dalam hal ini juga, Korem 023/KS sudah menyampaikan hal tersebut kepada Pemda setempat dan semua program kita Alhamdulillah untuk sementara menggunakan anggaran sendiri. Untuk kedepannya kita akan bekerja sama dengan BUMN setempat. Seperti kita perdayakan  melalui dana CSR agar benar-benar manfaatnya dirasakan oleh masyarakat atau anak-anak yang butuh bimbingan, kata Dandrem.


“Bagi anak-anak yang putus sekolah akan kita giring untuk meneruskan sekolahnya. Sementara itu, bagi yang sudah tamat sekolah tapi belum memiliki pekerjaan mereka kita beri bimbingan seperti, training di Barista.  Yaitu cara membuat kopi, cara menggoreng bakwan, goreng tahu dan menggoreng keripik. Atau ada yang bagian bengkel maupun service AC. Mereka nantinya akan kita berikan modal,” jelas Dandrem.


Selain itu juga kata Danrem, saya tekankan kepada anggota “kita gak boleh diam, kita harus kreatif, harus inovatif  kita buat program yang bisa kita jual kepada pemerintah daerah, seperti  yang saya katakan tadi, yaitu melalui BUMN yang memang memiliki CSR itu yg kita manfaatkan supaya kegiatan teritotorial tetap berjalan dan mereka juga bisa melaksanakan kegiatan mereka sesuai tujuan mereka, jelas Dandrem.

TeTeks foto: Ketua KNPI Sibolga Imam Faesal sangat mendukung program Danrem 023/KS dan patut jadi Percontohan


Sementara itu, Ketua KNPI Kota Sibolga Imam Faesal sangat mendukung program dari Bapak Danrem 023/KS Kol Inf Lukman Hakim yang membuat program penguatan Bela Negara buat generasi muda yang ada di Kota Sibolga ini.


“Dengan program Dandrem, sudah jelas mengurangi tingkat kejahatan, mengurangi tingkat pengangguran dan juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi anak-anak muda. Jadi apa yg dilakukan oleh Dandrem patut didukung dan dijadikan percontohan bagi Korem lainnya,” jelas Imam. 


Dalam hal ini kata Imam, saya selaku Ketua KNPI Kota Sibolga beserta kawan-kawan sangat mendukung. Kita selaku pemuda patut mencontoh program dan ide-ide Danrem yang begitu perduli kepada anak-anak yang ada di Sibolga.
Karena, kita ketahui anak-anak ini merupakan generasi bangsa yang harus terus kita jaga dan bimbing untuk bangsa dan negara, kata Imam. ( Azly)