15 Juli 2024

Medan (WartaDhana.Com): Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara meluruskan beredarnya informasi bahwa stadion di Siosar, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, tidak bisa difungsikan.


Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut, Baharuddin Siagian, mengatakan Pemprov Sumut tidak ada membangun stadion di Siosar Karo.


“Kalau diberitakan stadion Siosar tidak bisa digunakan, waduh, informasinya tak benarlah, abal-abal,” ujar Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian, di Medan, Sabtu (13/05/2023).


Bahar, sapaan akrabnya, mengaku ada membaca berita stadion Siosar tidak bisa digunakan. Informasi itu, lanjut Bahar, menyesatkan dan merugikan masyarakat.
Di Siosar, sebut Bahar, Pemprov Sumut telah membangun Training Camp Sport, yaitu lapangan latihan dan lintas atletik, dan kemudian Wisma Atlet.


Bahar mengatakan Training Camp Sport di kawasan dataran tinggi Siosar untuk menambah daya serap oksigen (VO2max), daya tahan fisik, dan pengembangan skil para atlet itu, diupayakan segera difungsikan.


Training Camp Sport di Siosar dihadirkan menjadi pusat pelatihan atlet untuk event olahraga jangka pendek, menengah, dan jangan panjang, seperti PON, SEA Games, ASIAN Games hingga Olimpiade.


Namun Training Camp Siosar masih belum bisa difungsikan sepenunhnya. Penyebabnya adalah masih harus ada penambahan kelengkapan fasilitas. “Karena itu, tahun 2023, mudah-mudahan bisa di P-APBD Sumut ditampung,” kata Bahar.


Penambahan fasilitas itu, seperti untuk pemasangan tartan di lintas atletik. “Dan mengapa juga belum bisa digunakan lapangannya, ya karena rumputnya dalam perawatan,” jelas Bahar.


Kemudian penambahan fasilitas di Wisma Atlet, seperti keramik untuk lantai 2, pembuatan plafon. “Listrik, air, drainase, bahkan meubelair juga belum ada. Ini juga, mudah-mudahan bisa ditampung di P-APBD,” kata Bahar.

Untuk diketahui, pembangunan Training Camp Sport di Siosar itu menggunakan dana APBD Sumut tahun 2022 sebesar Rp 33 miliar, dengan rincian Rp 11 miliar Training Camp dan Rp 22 miliar untuk Wisma Atlet.


Ditambahkan Bahar, pihaknya bersama Komisi E DPRD Sumut, di antaranya Edi Surahman, Tia Anggraini, Renita Sembiring, dan Megawati Zebua, mengunjungi Training Camp Sport di Siosar, Jumat (12/05/2023).


Bahar mengapresiasi dukungan Komisi E untuk pembangunan Training Camp Sport di Siosar. “Para wakil rakyat kita berkomitmen mendukung Training Camp dan Wisma Atlet ini, untuk kebangkitan atlet dan kemajuan olahraga Sumut,” pungkas Bahar. (Rel/Winda)