18 Mei 2024
Teks foto: Ny. Dra. Hj. Intan Chardin mendampingi ibu Negara Republik Indonesia Hj. Iriana beserta Wakil Ibu Negara Republik Indonesia Wury Estu Handayani dalam acara Pembukaan Hut Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ke - 43 dan Expo Dewan Kerajinan Nasional ( Dekranas) di Hotel Santika Dyandra dan Lapangan Beteng Medan, Selasa (16/05/2023). (Pendam)

Medan (WartaDhana.com): Ny. Dra. Hj. Intan Chardin dampingi ibu Negara Republik Indonesia Hj. Iriana beserta Wakil Ibu Negara Republik Indonesia Wury Estu Handayani dalam acara Pembukaan Hut Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ke – 43 dan Expo Dewan Kerajinan Nasional ( Dekranas). Kegiatan ini berlangsung selama 16 – 20 Mei, diadakan di Kota Medan bertempat di Hotel Santika Dyandra dan Lapangan Beteng Medan, Selasa (16/05/2023).

HUT Dekranas ke-43 dibuka secara resmi oleh ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan pemotongan tumpeng di hadapan 1400 lebih tamu undangan yang terdiri dari pengrajin UMKM se-Indonesia.

Kegiatan Dekranas mengusung tema ‘ Wirausaha Baru Tercipta, Perajin Berjaya’. Dengan tema tersebut diharapkan menciptakan regenerasi perajin yang unggul, untuk bisa menggali, melestarikan warisan budaya bangsa dan lebih mencintai produk milik negeri sendiri.

HUT Dekranas ke-43 yang pertama kali digelar di Kota Medan menggelar pameran UMKM khas Sumut seperti mesin tenun ulos manual yang terbuat dari kayu, fashion show dengan berbagai kain tenun khas daerah masing-masing yang dikreasikan menjadi berbagai macam fashion seperti pakaian, sepatu dan ikat kepala yang dipamerkan oleh model profesional Kota Medan, serta stand khusus makanan yang berisikan kuliner-kuliner khas Kota Medan.

Teks foto: Hut Dekranas ke-43 yang pertama kali digelar di Kota Medan menggelar pameran UMKM khas Sumut seperti mesin tenun ulos manual yang terbuat dari kayu, fashion show. (Pendam)

Kegiatan puncak HUT Dekranas juga dirangkai dengan peresmian Pelatihan Dekranas dan ‘Getaran Karya Rasa’. Kemudian acara dilanjutkan dengan peninjauan kegiatan pelatihan tenun dan kriya. Akhirnya acara dirangkai dengan pameran Dekranasda seluruh Indonesia.

Dekranas Expo kali ini dimeriahkan dengan pameran hasil karya 120 seniman se-Indonesia dan produk-produk unggulan. (Pendam/Winda)