29 Februari 2024

Medan (WartaDhana.Com): Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah kantor organisasi perangkat daerah (OPD) lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Edy Rahmayadi pun memastikan pelayanan publik di hari pertama kerja usai Lebaran berjalan normal seperti biasa.

Adapun kantor-kantor yang disidak antara lain Dinas Kesehatan Sumut, Dinas Pendidikan Sumut, dan Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut. Di ketiga kantor tersebut, Edy mengatakan kehadiran ASN mencapai  98%.

Rata-rata ketidakhadiran pegawai di kantor-kantor tersebut disebabkan karena sakit atau hal darurat. Namun Edy memastikan bahwa pelayanan publik sudah berjalan di hari pertama masuk kerja usai Lebaran. Hal tersebut merupakan komitmen ASN sebagai pelayan publik yang siap melayani masyarakat kapanpun.

“Setelah kita sidak kantor-kantor, kita lihat kesiapan mereka melayani publik, kita pastikan siap,” kata Edy Rahmayadi usai melakukan sidak di Dinas Kesehatan Sumut Jalan HM Yamin, Medan, Rabu (26/4).

Edy mengatakan,  tidak ada dispensasi pada ASN yang tidak hadir pada hari pertama Lebaran,  kecuali ada hal-hal penting atau darurat. Pegawai yang tidak hadir pun harus melapor pada atasan. “Kalau banyak yang tidak hadir nanti kantor kosong ini, hari pertama masuk kerja ini pelayanan harus berjalan, liburnya sudah selesai, makanya saya datang ke kantor-kantor ini,” katanya.

Inspektur Provinsi Sumut Lasro Marbun yang mendampingi Gubernur mengatakan, dari hasil sidak di beberapa kantor tersebut, pelayanan publik sudah sangat siap melayani masyarakat. Menurutnya, kehadiran ASN pada hari pertama masuk kerja usai Lebaran merupakan bentuk kedisiplinan yang harus ditunjukan pada masyarakat.

“Jadi Sidak ini juga menunjukkan pada para ASN bahwa pimpinan (Gubernur) saja hadir pada hari pertama masuk kerja Lebaran, hari pertama tidak ada toleransi, sesuai dengan arahan pimpinan kita, kalaupun ada keperluan darurat pegawai bersangkutan haruslah melapor pada atasan” kata Lasro.

Selain memastikan pelayanan publik siap berjalan, Lasro mengatakan sidak Gubernur tersebut juga sekaligus silaturahmi dengan para pegawai ASN dalam suasana Lebaran. “Jadi dalam ini masih dalam suasana Lebaran, sekaligus silaturahmi, banyak juga pegawai yang ingin bersilaturahmi dengan Pak Gub,” kata Lasro.

Pada kesempatan tersebut Kadis Kesehatan Sumut Dr Alwi Hasibuan menjelaskan, pada saat Sidak Gubsu ke Dinas Kesehatan hanya satu orang pegawai yang tidak hadir. “Alhamdulillah tingkat kehadiran di Dinas Kesehatan Capai 98% lebih. Dinas Kesehatan terus melakukan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Dr Alwi Hasibuan.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus mengatakan tingkat kehadiran pegawai di Dinas Kominfo Sumut mencapai 98%. “Yang berhalangan hadir hari ini karena sakit, kami siap melakukan pelayanan pada masyarakat di hari pertama masuk kerja,” katanya. ( Winda)