16 Juli 2024

Deli Serdang (WartaDhana Com):   Melalui pengalaman dan ilmu yang diperoleh selama kuliah di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah berharap 3.066 wisudawan tidak hanya fokus mencari kerja, tapi sebaliknya bisa menciptakan lapangan kerja.

Hal ini disampaikan Ijeck, sapaan akrab Wagub saat memberi kata-kata motivasi dalam Wisuda ke-79 UINSU di Gedung Serbaguna Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, Jalan Williem Iskandar Nomor 9, Kabupaten Deliserdang, Selasa (20/12).

“Kepada anak-anak kami semua, kami sangat berharap setelah diwisuda mulailah rencanakan apa yang ingin dicapai, tidaklah semata-mata hanya mencari lapangan pekerjaan bertekadlah bisa menciptakan lapangan pekerjaan agar kiranya juga kita bisa membantu saudara-saudara kita yang lain,” ujar Ijeck.

Lanjutnya, para wisudawan harus bisa menjadi pemimpin di berbagai bidang, khususnya bidang usaha. Menjadi entrepreneur yang inovatif dengan ide dan konsepnya sendiri. “Kiranya kita juga bisa menjadi pemimpin-pemimpin di berbagai bidang khususnya bidang usaha, menjadi pemimpin atau majikan di rumah kita sendiri. Harapan kami, kalian sebagai putra bangsa bisa memberikan sumbangsih buat bangsa dan negara,” katanya.

Lanjut Ijeck, mewakili Pemprov Sumut, ia mengucapkan terima kasih kepada UINSU yang telah mencetak generasi-generasi penerus bangsa yang berkemampuan secara ilmu dan agama. “Kami mengucapkan terima kasih kepada UINSU yang telah mencetak generasi muda dengan ilmu pengetahuan dan agama semoga ilmu yang didapat menjadi ilmu yang bermanfaat dan menjadi amal jariah buat kita semua,” katanya.

Ijeck mengingatkan kepada para wisudawan untuk terus meminta doa restu dari orang tua dalam menjalani kehidupan ke depannya. Juga mengajak seluruh wisudawan untuk membuat orangtuanya selalu bangga karena pengabdian kepada orang tua sampai akhir hayat.

“Tanpa perjuangan orang tua mungkin kalian tidak bisa masuk perguruan tinggi, tak jarang ada orang tua sampai jual harta atau sekuat tenaga bekerja agar bisa menyekolahkan anaknya,” tutup Ijeck.

Sementara itu, Plt Rektor UINSU Abu Rokhmad menyampaikan wisuda ke-79 ini menjadi wisuda dengan total wisudawan terbanyak, berjumlah 3.066 mahasiswa program doktor, magister dan sarjana.

“Hari ini kita melaksanakan wisuda yang terbesar dalam sejarah UIN Sumatera Utara, ada 3.066 wisudawan dari delapan fakultas dan satu pascasarjana. Ucapkan terima kasih kepada orang tua kalian yang sudah susah payah dengan keringat atau mungkin dengan air mata dalam menyekolahkan. Penting untuk mengingat jasa baik orang-orang baik dalam mengantarkan kalian sukses,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan para wisudawan untuk terus belajar. “Meski kalian hari ini akan diwisuda bukan berarti tugas belajar kalian selesai kalian harus terus belajar. Dulu kalian belajar di universitas, sekarang belajar dengan alam semesta dengan orang-orang sekitar atau guru yang bermacam-macam. Memasuki dunia kerja, kerjalah dengan sungguh-sungguh sesuai keahlian bidang kalian masing-masing. Man jadda wajada, siapa yang bersungguh-sungguh, ia akan mendapatkan,” tutupnya. (Winda)