19 Juli 2024

Toba (Wartadhana.com): Diknas Toba Lakukan Seleksi Paskibraka Tingkat Kabupaten Toba dan Provinsi, Jumat (29/5) di gedung sentra pemuda Jalan Soposurung Balige.


Sebanyak 70 siswa/siswi tingkat SMK/SMK seKabupaten Toba mengikuti seleksi dan sebanyak 4 siswa/siswi akan diberangkatkan ke Provinsi Sumatera Utara.

Dalam seleksi yang dilakukan Diknas Toba sejumlah siswa/siswi diterapkan dasar sistem baris berbaris di hadapan pembina yang akan melatih mereka.

“Diknas Toba menggandeng 6 Personil Koramul Balige untuk melakukan seleksi ketat untuk menentukan Paskibraka Tingkat Kabupaten dan sebanyak 4 siswa/siswi akan dikirimkan sebagai utusan Kabupaten Toba ke Tingkat Provinsi Sumatera Utara,” ujar Kadis Diknas Toba melalui Kabid Kepemudaan, Viktor Napitupulu.


Kabid Kepemudaan Viktor Napitupulu mengatakan, Program seleksi Paskibraka pada Tahun ini tetap menggunakan SOP Covid-19 sehingga seleksi ini dapat dilakukan semaksimal mungkin.


Sedangkan 6 peserta lainnya yakni 4 peserta dan 2 peserta cadangan akan dipilih menjadi paskibraka perwakilan Kabupaten Toba pada acara Hari Kemerdekaan RI untuk tingkat provinsi,ujarnya kepada wartadhana.
Ke-70 peserta yang mendaftarkan diri menjadi anggota paskibraka itu juga sedang menjalani seleksi wawancara dan pantohir untuk bakal calon anggota paskibraka tingkat provinsi.


Sementara itu, Danramil Balige Kapten ARH Poltak Pardede menyambut tugas yang dipercayakan untuk merekrut sekaligus melatih anggota Paskibraka’ 2020.


Menurut Danramil Balige, Kapten ARH Poltak Pardede, personil yang akan dilibatkan dalam perekrutan hingga pelatihan itu, diantaranya Serka Horas Simanjuntak, Sertu J Marbun, Sertu Daniel Dameto, Serda Zunpiandi Zega dan Serda Royeskana.


“Baik materi maupun personil, Koramil Balige siap menjalankan tugas yang dipercayakan untuk merekrut sekaligus melatih anggota Paskibraka’ 2020,” tegas Danramil Balige, Kapten ARH Poltak Pardede. (Mansur Pardede/Raden)