16 Juli 2024
Teks foto: Selalu Dengarkan Aspirasi Masyarakat, Rahmat Rayyan Nasution Beri Bantuan Pupuk dan Bibit holtikultura lainnya. (Ist)

Madina (WartaDhana.Com): Siapa yang tidak kenal dengan sosok anggota DPRD Sumut Fraksi Partai Gerindra dari Dapil Tabagsel Rahmat Rayyan Nasution yang merupakan tokoh muda di Sumut khususnya di Kabupaten Madina. 

Sosok Rahmat yang selalu perduli dan mendengar aspirasi masyarakat tanpa pandang bulu. Kepada media Rahmat menjelaskan, pada tahun 2024 ini untuk wilayah Kabupaten Mandailig Natal (Madina), Sumatera Utara memberikan bantuan kepada kelompok petani diantaranya adalah menyalurkan 40.000 pupuk untuk tanaman cabai, 100 benih cabai, 80 liter Pupuk Organik Cair (POC), dan 200 mulsa. Tidak hanya itu.

Sedangkan  untuk budidaya bawang, disalurkan juga 40.000 pupuk, 10.000 benih, dan 80 liter POC. “Bantuan berupa bawang, cabai, durian  diharapkan kepada para kelompok tani agar dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan di daerah Kabupaten Madina,” ujar Rahmat yang juga merupakan tokoh muda yang sangat energik.

Selain itu, Rahmat Rayyan Nasution juga memberikan bantuan bibit holtikultura lainnya seperti 1.500 batang bibit alpukat beserta 15.000 pupuk, 2.000 batang bibit durian dengan 16.000 pupuk, serta 6.625 batang bibit jeruk dengan 31.375 pupuk. Penyaluran ini dilakukan secara bertahap sejak bulan Maret hingga 26 Juni 2024.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Rahmat Rayyan Nasution menjelaskan bahwa bantuan pupuk dan bibit alpukat serta durian telah disalurkan ke kelompok tani pada bulan Mei.

Lebih lanjut lagi dikatakannya, saya didampingi  Staf Dinas TPG Sumut Ifan Rianto, perwakilan Holtikultura Sumut, Kabid Pertanian Mandailing Natal, serta beberapa Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) sudah menyalurkan bibit bawang merah pada, (26/6) minggu lalu di Desa Muara Mais, Kecamatan Tambangan

Rahmat Rayyan Nasution yang juga anggota dewan berasal Dapil VII Sumut (Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara dan Kota Padangsidimpuann) mengharapkan kepada para kelompok tani yang menerima bantuan, untuk dapat mempergunakannya sebaik-baiknya.

“Gunakanlah bantuan ini untuk meningkatkan sektor pertanian dan menjaga ketahanan pangan sekaligus menambah pendapatan para petani. Dan pastinya agar kelompok tani dapat terus meningkatkan produksi pertaniannya,” harap Rahmat yang cukup dekat dengan siapapun dan sosok yang ramah.

Berikut nama kelompok pengembangan Budi daya bawang yang diterima oleh kelompok tani; asal dari Kecamatan Kota Nopan Desa Muara Pungkut Kelompok tani Maju I, Kecamatan Kota Nopan Desa Hitaimbaru Kelompok Tani Job Niroha I, Kecamatan Kotanopan Desa Muara Siambak kelompok Tani Hamira Kecamatan Batang Natal Desa Rao-Rao Kelompok Tani Sigantang. Kecamatan Panyabungan Desa Kota Siantar Kelompok Tani Mompak Jaya, Kecamatan Siabu Desa Simangambat Kelompok Tani Makmur III, Kecamatan Siabu Desa Huraba II Kelompok Tani Satahi Ternak Jaya, Kecamatan Panyabungan Barat Desa  Barbaran Kelompok Tani Matumona XII, Kecamatan  Panyabungan Barat Desa Barbaran  Kelompok Tani Matumona XI, Kecamatan Siabu Desa Simaninggir Kelompok Tani Makmur, kata Rahmat yang sangat cukup dengan siapapun tanpa pandang bulu Demikian halnya juga kelompok tani untuk pengembangan Cabai diantaranya adalah, Kecamatan Kotanopan Desa Hutapungkut Kelompok Tani Tonga Sejahtera,  Kecamatan Kotanopan Desa Sayur Maincat Kelompok Tani Terang, Kecamatan Kotanopan Desa Hutadangka Kelompok Tani Sorbintang, Kecamatan Kotanopan Desa Padang Bulan Kelompok Tani Kembang, Kecamatan Kotanopan Desa Hutanamale Kelompok Tani Semangat, Kecamatan Batang Natal Desa Aek Guo Kelompok Tani Harapan Maju, Kecamatan Hutabargot Desa Sayur Maincat Kelompok Tani Jaya Tani, Kecamatan Panyabungan Kelurahan Kota Siantar Kelompok Tani Sahata Saoloan, Kecamatan Natal, Desa Pardamean Kelompok Tani Kemuning Indah, Kecamatan  Siabu Kelurahan Lumban Dolok Kelompok Tani Karya Bun, tambah Rahmat yang juga merupakan abang dari Wakil Bupati Madina. 
Dalam hal ini Rahmat Rayyan Nasution sangat mendukung program dari kelompok tani untuk pengembangan pertanian di Sumut, kata Rahmat. 

Sementara itu, lapangan kelompok tani yang ada di Kab Madina sangat berterima kasih sekali kepada Rahmat yang langsung menyampaikan aspirasi kelompok tani sehingga kami para petani merasa terbantu dengan keperdulian saudara Rahmat selaku anggota DPRD Sumut. 

” Rahmat itu orgnya baik dan ramah kepada siapapun. Ringan tangan dan suka membantu kepada siapapun terutama kepada kami para petani,” ujar Nasution kelompok tani asal Kota Nopan. (Winda)