16 Juli 2024
Teks foto: Kakan BPN Kab Sergei Roni Sitanggang mengatakan, Tahun 2024 Target PTSL Sebanyak 3300 Sertifikat. (Winda)

Sergei (WartaDhana.Com): Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sergai (Serdang Begadai) Roni Sitanggang mengatakan, selama tahun 2024 ini BPN Kabupaten Sergei memiliki target sebanyak 3300 sertifikat untuk Pendaftaran Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).


Demikian hal tersebut dikatakan Kakan BPN Kabupaten Sergei Roni Sitanggang kepada WartaDhana.Com, Kamis (1/7/2024) di Kantor BPN Sergei jalan Negara KM 57 Sei Rampah. Lebih lanjut dikatakan Roni,  Adapun Daftar Desa Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2024 Kantor Pertanahan Kabupaten Serdang Bedagai meliputi Kecamatan Perbaungan ada 10 Desa diantaranya Tanah Merahz Cinta Air, Lubuk Cemara, Lidah Tanah dan lainnya. Kecamatan Dolok Masihul 7 Desa dan 1 Kelurahan diantaranya, Huta Nauli, Dolok Manampang, Pertambatan, Kelurahan Pekan Dolok Masihul dan lainnya. Kecamatan Pegajahan 6 Desa, Kecamatan Tebing Tinggi 6 Desa, Kecamatan Tebing Syahbandar 5 Desa. Kemudian, Kecamatan Teluk Mengkudu terdapat 4 Desa yaitu Bogak Besar, Liberia, Pematang Setrak dan Sei Buluh. Kecamatan Pantai Cermin, 6 Desadiantaranya Besar II Terjun, Pematang Kasih, Celawan, Arapayung dan lainnya. Kecamatan Bandar Khalifah yakni Desa Pekan Bandar Khalifah, Kecamatan Sei Rampah yank Desa Simpang Empat, Silau Rakyat dan Firdaus. 

Kemudian Kecamatan Dolok Merawan terdapat 3 Desa. Yakni Dolok Merawan, Limbong dan Mainjm Tengah. Sedangkan Kecamatan Sipispis terdapat 2 Desa yaini, Dampak Urat dan Simalas. Terakhir Kecamatan Swrbajadi di Desa Pulau Gambar, jelas Kakan. 


Lebih lanjut Roni juga menjelaskan sesuai dari motto kita yaitu PERWIRA ( Professional, Empati, Ramah Waktu Penyelesaian, Inovatif, Resik dan Amanah). Artinya, bagi masyarakat ataupun siapa saja yang akan membuat sertifikat PTSL dengan gratis. 


“Yang penting bagi masyarakat yang akan membuat sertifikat PTSL pastinya lengkapi terdahulu syarat pendaftaran. Dan, sekali lagi saya jelaskan mengurus PTSL gratis,” ujar Kakan Roni Sitanggang yang sudah malang-melintang di beberapa Provinsi seperti pernah bertugas di Kalimantan. 


Selain itu juga ditambahkan Kakan, BPN Sergei juga memiliki Gebrakan ‘Kita Jawara’ yaitu kolaborasi, integritasi, kejaksaan, agama dan kantor pertanahan. Hadirnya Jawara ini adalah untuk sertifikasi tanah wakaf dan rumah ibadah di Kabupaten Sergei.


“BPN Sergei dengan Pemkab saling berkolaborasi dalam hal membuat sertifikat tanah wakaf. Sampai saat ini sudah ada 200 rumah ibadah  dan sekarang sedang proses penyelesaian,” jelas Roni.


Dapat diketahui, kata Roni, program dari Jawara ini merupakan perioritas dari kementerian dan sudah tentu kami  menindaklanjuti arahan dari Wamen ATR/BPN, kata Roni.


“Program Kita Jawara ini tidak hanya rumah ibadah berupa mesjid saja, akan tetapi, gereja, tanah wakaf seperti kuburan muslim dan kuburan non muslim. Kita akan sertifikatkan yang namanya rumah ibadah tanpa terkecuali. Pastinya kita sudah saling berkolaborasi dengan Nazir Mesjid dan KUA, khusunya Bupati juga sangat antusias.


Oleh karena itu, sudah ada 30 persen sudah kita bagikan sertifikat. Dan, yang membagikan pada saat itu adalah saya selaku Kakan BPN Sergei mendampingi Bupati memberikan sertifikat rumah ibadah.


“Saya harap Progam Kita Jawara ini bisa menjadi percontohan bagi Kakan di Kab/Kota lainnya yang ada di Sumatera Utara. Sehingga Kanwil BPN Sumut juga sangat merespon program Kita Jawara di Kab Sergei. Kita adalah sebagai pelayan masyarakat, pasti bagaimana caranya agar masyarakat tersebut merasa nyaman ketika sedang berkunjung ke Kantor BPN Sergei,” kata Roni yang  juga pernah bertugas di Tanah Karo. Dan Labuhanbatu. (Winda)