15 April 2024
Teks foto: Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin bersama Kapolda Sumut Irjend Pol Agung Setya Imam Effendi serta Bupati Samosir Vandiko Gultom menghadiri acara Grand Opening Marianna Resort di Tuktuk Samosir, Jumat (23/2). (Ist)


Samosir (WartaDhana.Con): Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin optimis industri pariwisata kawasan Danau Toba, khususnya Samosir, semakin berkembang. Ini ditandai dengan adanya hotel bintang 5 pertama di Samosir.

Hal ini diungkapkan Hassanudin saat meresmikan Marianna Resort and Convention di Tuktuk, Kabupaten Samosir, Jumat (23/2). Ini merupakan salah satu indikasi semakin majunya pariwisata Samosir.

“Ini menjadi kebanggaan Samosir dan juga katalisator industri pariwisata di Danau Toba, khususnya di Samosir,” kata Hassanudin.

Keberadaan hotel bintang 5 pertama ini juga memberikan dampak signifikan kepada masyarakat. Lebih dari 120 tenaga kerja yang diserap hotel bintang 5 pertama Samosir ini.

“Kita harap dampaknya signifikan, bukan hanya terkait pariwisata, tetapi juga secara ekonomi misalnya tenaga kerja, bahan-bahan makanan, bahan-bahan keperluan lain, transportasi dan lainnya, kita ambil dari masyarakat di sini,” kata Hassanudin.

Sementara itu, Bupati Samosir Vandiko Gulton mengatakan dengan adanya hotel bintang 5 ini menambah daya tarik Samosir. Mengingat Marianna Resort and Convention memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

“Mudah-mudahan ini menambah daya tarik Samosir bagi wisatawan lokal dan internasional, dan juga menjadi stimulus untuk berkembangnya industri hotel dan industri pendukungnya,” kata Vandiko Gultom.

Hadir pada peresmian ini Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Nani Hendiarti, unsur Forkopimda Sumut Kadis Kehutanan dan Lingkungan Hidup Yuliani Siregar serta jajaran Direksi Marianna Resort and Convention. Hadir juga OPD terkait Pemprov Sumut, tokoh masyarakat dan tokoh agama Kabupaten Samosir. (Winda)