14 Juli 2024
Teks foto: Dinas kesehatan Provinsi Sumatera Utara memberikan pelayanan kesehatan gratis, di PRSU ke 49

Medan (WartaDhana.Com): Dinas kesehatan Provinsi Sumatera Utara memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada pengunjung Pekan Raya Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-49 yang berlangsung di Komplek PRSU, Jalan Gatot Subroto Medan.

“Pelayan kesehatan gratis yang diberikan sebagai bentuk turutserta partisipasi memeriahkan dan menyukseskan PRSU ke-49 yang setiap ada PRSU selama ini Dinas Kesehatan Sumut memberikan pelayanan,”ujar Petugas Dinas Kesehatan, Only Yosephin kepada media, Jumat (14/7/2023) di sela-sela kegiatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di PRSU Medan.

Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan, Jumat (14/7/2023) berupa hipoterapi upaya berhenti merokok, cek gula, darah, asam urat, kolestrol, pemberian kacamata gratis dan vitamin mata dan games-games kesehatan.

Terhadap pelayanan ini, masyarakat banyak yang memeriksa kesehatan yang dilayani para dokter yang telah dipersiapkan. Disela-sela pemeriksaan itu juga, para petugas memberikan luckydraw bagi pengunjung yang dapat menjawab pertanyaan.

Teks foto: Stand Dinas Kesehatan, kata Only, ada juga pelayanan gratis, ada UPT Paru yang mengaknosa CO dalam paru dan lainnya. Dan setiap harinya, ada petugas-petugas yang disiapkan untuk mengedukasi bagi masyarakat yang datang.

Berbagai kegiatan dilakukan UPTD Dinas Kesehatan Sumut, diantaranya UPTD Laboraratorium Kesehatan. Pelayanan Laboratorim ini, kata Only Yosehin untuk menunjang diagnosis, pemantauan pengobatan dan menentukan prognosis penyakit.


Dokter Vera, salah satu dokter yang sudah pernah dilatih Kemenkes supaya berhenti merokok. “kita minta dokter ini memberikan hipoterapi kepada orang-orang-orag yang berusaha untuk berhenti merokok,” tutur Only.

Hipoterapi itu, jelasnya, modelnya ada yang ditotok sehingga dapat titik dirangsang supaya perokoknya bisa berhenti. Ada juga psikotrapy bersitat tradisinal yang dipijat dan ada keluhan-keluhan kesehatan bisa dibantu.

Sementara di stand Dinas Kesehatan, kata Only, ada juga pelayanan gratis, ada UPT Paru yang mengaknosa CO dalam paru dan lainnya. Dan setiap harinya, ada petugas-petugas yang disiapkan untuk mengedukasi bagi masyarakat yang datang. (Winda)