26 Februari 2024
Teks foto: Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut  Asren Nasution memberikan beasiswa S1 sampai tamat kepada Cyntia Rismauli Nainggolan, peraih medali 1 Perak dan 2 Perunggu pada Cabang Olahraga Senam Ritmik di ajang Special Olympic World Summer Games 2023 di Berlin- Jerman. (Kominfo Sumut)


Medan (WartaDhana.Com): Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi di dampingi Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut  Asren Nasution memberikan beasiswa S1 sampai tamat kepada Cyntia Rismauli Nainggolan, peraih medali 1 Perak dan 2 Perunggu pada Cabang Olahraga Senam Ritmik di ajang Special Olympic World Summer Games 2023 di Berlin- Jerman.


Pemberian beasiswa tersebut sebagai wujud apresiasi Pemprov Sumut terhadap para atlet bertalenta khusus. “Semoga beasiswa ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Terus belajar dan jangan pernah berhenti untuk berlatih, guna meraih prestasi yang lebih baik lagi,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi, di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Senin (3/7). 


Selain beasiswa, pada kesempatan itu, juga diserahkan satu unit sepeda Cyntia Rismauli Nainggolan oleh Kepala Disdik Sumut Asren Nasution. Cyntia Rismauli Nainggolan atlet bertalenta khusus ini adalah siswa SLB Santa Lucia Pematangsiantar yang ikut mengharumkan nama Indonesia di event akbar Special Olympic World Summer Games Berlin yang berlangsung 12-25 Juni 2023. 


Special Olympic World Summer Games 2023 ini diikuti 170 negara , 7.000 atlet dan ribuan relawan yang turut memeriahkan acara empat tahunan ini. Indonesia sendiri mengikuti 7  cabang olahraga, 22 atlet, 3 patner, 12 pelatih dan 8 official dengan jumlah kontingen 45 orang. Walaupun dengan jumlah yang minim tapi Indonesia mampu mendapatkan 10 Medali Emas, 5 Perak dan 8 perunggu. 


Prestasi luar biasa ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah dan pemerintah pusat yang memberikan fasilitas kepada para atlet dan pelatih. Sebelum berangkat ke Berlin seluruh atlet dan pelatih terlebih dahulu mengikuti pemusatan latihan selama satu bulan di Semarang. Pelatnas pada Mei yang lalu resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Selain Cyntia Rismauli Nainggolan, ada juga pelatih asal Sumut yang ikut mengharumkan nama Indonesia di event tersebut, yaitu Mardi Panjaitan yang dipercaya menjadi pelatih cabang olahraga bulutangkis. Dari 4 nomor yang diikuti di Cabor Bulutangkis, keempatnya mempersembahkan Emas bagi Indonesia. Bahkan di Berlin juga Mardi Panjaitan terpilih sebagai salah satu pelatih terbaik, yang diberikan apresiasi oleh panitia perlengkapan Bulutangkis agar terus bersemangat melatih di daerahnya.


Mardi Panjaitan mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemprov Sumut dan Gubernur Edy Rahmayadi. Ia pun berharap para atlet bisa mendapatkan perhatian yang sama seperti atlet dan pelatih yang berjuang di Asian Para Games beberapa waktu yang lalu. Sebab Cyntia Nainggolan juga anak bangsa yang berjuang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. (Winda)