19 Juli 2024

Medan (WartaDhana.com): Siapa yang tidak kenal dengan sosok Muklis Mashuri Lubis, S. Sos di wilayah Sumut. Sosok seorang PNS yang sederhana tetapi pekerja keras. Muklis, yang akrab disapa bang Muklis ini selalu loyal kepada pimpinan. Artinya, dimanapun ditugaskan oleh pimpinan saya selalu siap. 

“Selaku PNS tentunya siap ditugaskan dimana saja. Kita selalu abdi negara harus bekerja untuk bangsa dan negara.,” ujar bang Muklis kepada wartawan, Kamis (3/11) di Medan. 

Sebelumnya, pada Rabu (2/11)  kemaren Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik 37 pejabat pengawas dan 20 pejabat adminsitrator di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Diantaranya yang dilantik Gubsu adalah Muklis Mashuri Lubis S.Sos sebagai Kacabdis Wilayah I Deli Serdang Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Pemprov Sumut.

Pada kesempatan tersebut Gubsu mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) jangan terlibat dengan politik praktis, mengingat tahun politik sudah dekat.

“Ke depan penuh dengan politik, saya pastikan kalau kamu melanggar atau ikut dalam politik praktis, kamu saya hukum sesuai dengan aturan yang berlaku, karena dalam Undang-Undang, ASN dilarang melakukan politik praktis, laksanakan saja tugasmu dengan baik, pastikan tugasmu selesai,” kata Edy Rahmayadi kepada para pejabat yang dilantik di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman 41, Medan, Rabu (2/11).

Apalagi tantangan ke depan tidak semakin mudah. Menurutnya, tuntutan zaman yang menyebabkan hal tersebut. Untuk itu, Edy meminta para pejabat melakukan yang terbaik untuk masyarakat Sumut.

“Lakukan yang terbaik, berbuat yang terbaik, pastikan kau bisa mengerjakan pekerjaan ini, selalu berbuat yang terbaik untuk Provinsi Sumut ini, ” kata Gubsu.

Selain itu, Gubsu mengatakan para pejabat akan mempertanggungjawabkan kinerjanya kepada Tuhan. “Tak main-main itu apapun jabatan kalian, kalian kelak akan diminta pertanggungjawaban, inilah jabatan enak dirasa, begitu sulit untuk mempertanggungjawabkannya,” katanya.

Edy pun mengingatkan tiga hal yang penting dilakukan para pejabat maupun ASN. Pertama tentang loyalitas pada instansi, kedua tentang jiwa korsa dan ketiga tentang kerja sama. Ketiga hal tersebut akan membuat pekerjaan menjadi ringan dan target pun tercapai.

“Jangan merasa sok pintar, jangan merasa sok hebat, begitu itu muncul dari dalam dirimu, itulah nanti yang menyebabkan atasanmu, bawahanmu, tidak menyenangimu, kalau sudah begitu tidak nyaman jadinya, kalau sudah tidak nyaman pekerjaan akan sia-sia, ” kata Gubsu. (Winda)