15 April 2024

Medan (WartaDhana.com): Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemprov Sumatera Utara Dr Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan akan terus melakukan pembenahan sejumlah sarana pendidikan dan latihan (Diklat) pada lembaga yang dipimpinnya itu.

Apalagi, kata Alwi BPSDM Sumut, saat ini mendapat akreditasi sebagai salah satu lembaga Diklat terbaik di luar Pulau Jawa. 

“Alhamdulillah, BPSDM Sumut mendapat penilaian dari Lembaga Administrasi Negara (LAN)  salah satu yang terbaik di luar Pulau Jawa ,” katanya kepada pers, pekan kemarin di ruag kerjanya.

Sebagaimana diketahui pada ajang  LAN Award 2022, awal Agustus 2022 BPSDM Jawa Timur meraih peringkat pertama lembaga pelatihan berprestasi kategori lembaga pelatihan Pemerintah Daerah.

Sementara Sumut mendapat akreditasi terbaik di luar Pulau Jawa.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Sumut ini mengaku optimistis para ASN yang telah menempuh pendidikan dan latihan di BPSDM Sumut, nantinya bisa lebih inovatif hingga mampu melakukan pengembangan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sehingga lebih maju dan dinamis.

Proses yang ditempuh di BPSDM, sebut dia bukan hanya sebatas Diklat semata, namun pelaksanaan pelatihan lebih kepada hal-hal yang tehnis.

BPSDM Sumut, kata Alwi  juga turut bertransformasi dari lembaga pendidikan dan pelatihan menjadi Corporate University.

Konsep Corporate University diimplementasikan langsung kepada tehnis dan praktik kerja yang sebenarnya, tidak sebatas teori.  

Dengan konsep ini diyakini akan terwujud ASN yang unggul dan berkualitas

Saat ini, sebut Alwi ada sekitar 60 orang eselon II yang sedang menempuh Diklat di BPSDM Sumut berasal dari sejumlah kabupaten/kota. Beberapa di antaranya merupakan pejabat Pemprov Sumut.

“Pejabat Eselon II dari Pemko Medan ada 8 orang sedangkan Pemprov Sumut 7 orang, selebihnya berasal dari beberapa kabupaten lainnya di Sumut,” papar Alwi. 

Beberapa waktu lalu, sebutnya BPSDM Sumut juga telah melakukan kerjasama bidang Diklat dengan Kejaksaan Tinggi Sumut.

Alwi berharap BPSDM Sumut akan terus berkembang dan semakin maju, hingga menjadi pilihan bagi para OPD lain di luar provinsi untuk mekasanakan pendidikan dan latihan. 

“Kedepannya tidak tertutup kemungkinan BPSDM Sumut mampu menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah,” ujarnya.(Winda)