26 Februari 2024

Medan (WartaDhana.com): Dinas Koperasi Sumut terus mendorong lembaga koperasi di Sumut agar bisa tetap eksis dan aktif. Demikian hal tersebut dikatakan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Kadis Koperasi dan UMKM) Provinsi Sumatera Utrara (Sumut) Suherman kepada wartawan baru-baru ini di rumah Dinas Gubernur no 41 Medan.

Lebih lanjut dikatakan Suherman, Dinas koperasi dan UMKM Sumut juga melakukan pendampingan oleh penyuluh koperasi maupun melakukan kegiatan pelatihan penguatan dan peningkatan sumber daya manusia koperasi, serta melakukan pendampingan pertanggungjawaban dari pengurus dan pengawas koperasi kepada anggota.

“Selain sebagai wadah simpan pinjam, pimpinan koperasi juga wajib membina dan ikut memasarkan produk anggotanya di bawah pendampingan Dinas Koperasi,” kata Suherman.

Selain itu, dia juga meminta lembaga perkoperasian harus bisa mengikuti perkembangan zaman.

“Koperasi perlu beradaptasi dengan perkembangan zaman agar generasi muda lebih menyukai koperasi ke depannya karena masa dan zamannya sudah berbeda,” katanya.

Menurut dia, koperasi perlu belajar dari masa jayanya dimana banyak koperasi memiliki indikator yang baik mulai dari jumlah koperasi, koperasi sehat, dan kelonggaran dalam kredit.

Dalam hal ini, koperasi, juga dapat mengambil peran mendukung kultur wirausaha masyarakat dan perlu melakukan pembenahan baik itu model bisnis dari konvensional ke profesional, serta pembenahan regulasi yang ada.

Kadis Koperasi dan UMKM menambahkan koperasi dapat mengambil peran untuk ikut menyejahterakan pada anggotanya maupun masyarakat di daerahnya.

Ia mengungkapkan selama pandemi COVID-19, koperasi banyak menghadapi tantangan agar bisa tetap bertahan sehingga perlu dorongan dari pemerintah..

Koperasi dinyatakan aktif apabila memiliki indikator seperti 3 tahun berturut-turut telah melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT).

Di sisi lain, Suherman menambahkan produk UMKM khususnya di Sumut cukup terbantu dengan adanya tehnologi digital.

“Saat ini, sejumlah produk UMKM juga telah dipasarkan melalui Online shop dan ini sangat membantu peningkatan pasar UMKM,” ucapnya.

Untuk itu Suherman mengimbau agar para pelaku UMKM di Sumut terus berinovasi memunculkan produk-produk baru dengan memanfaatkan tehnologi digital.(winda)