26 Februari 2024

Toba ( WartaDhana): Rumah Tahanan(Rutan) Kelas IIB Balige, Kabupaten Toba menggelar razia dadakan sebagai upaya memastikan bahwa seluruh kegiatan di lingkungan Rutan aman dan terkendali khususnya keamanan dan ketertiban terjaga dengan baik.

“Setiap hari seluruh kegiatan di Rutan Balige harus dimonitor dan harus bisa dipastikan seluruh dalam keadaan baik khususnya keamanan dan ketertiban,” ujar Kepala Rutan(Karutan) Kelas IIB Balige, Henri Damanik, Senin(19/7) di Rutan Balige di Jalan Siliwangi Balige.

Karutan Kelas IIB Balige, Henri Damanik didampingi Ka.KPR Dewin Sagala, Kasubsi Tahanan Lisben Manalu menegaskan, bahwa di Rutan Kelas II B Balige secara berkala selalu dilakukan rajia tujuannya hanya satu keamanan dan ketertiban harus benar-benar terjamin.

“Deteksi dini sangat penting, seluruh lorong, kamar dan tembok bangunan harus diperiksa secara cermat apakah ada keganjilan atau tidak tentu harus diketahui oleh petugas,”ucapnya menyebut razia yang digelar juga sebagai upaya menjadikan Rutan Kelas IIB Balige zero terhadap narkoba.

Kasubsi Tahanan, Lisben Manalu kesempatan itu juga menyampaikan bahwa razia yang digelar sebagai upaya mendeteksi secara dini kemungkinan gangguan kemanan dan ketertiban di dalam Rutan termasuk peredaran narkoba tidak sampai terjadi.

“Razia pemeriksaan pengawasan dan penggeledahan ini kami lakukan adalah merupakan kegiatan rutinitas dan insidentil memproteksi atau mendeteksi gangguan,” ucapnya.

Ditambahkan oleh Ka.KPR Lisben Manalu apabila ditemukan ada warga binaan melakukan atau melanggar tata tertib di Rutan tentu dengan tegas akan diberi sangksi sesuai aturan yang berlaku.

“Ketika ada WB melanggar disiplin akan sangat berpengaruh untuk mendapatkan haknya seperti hak mendapat remisi, PB, CB dan Asimilasi,”paparnya.

Razia yang digelar oleh Karutan Kelas IIB Balige, Henri Damanik dibantu dengan petugas lainnya ditemukan barang-barang tak bertuan berupa telepon genggam keadaan kosong, charger, kabel kecil, sendok dan penggaris dikumpulkan untuk dilaporkan kepada pimpinan. (Mansur/Raden)