14 Juli 2024
Wagubsu Musa Rajekshah didampingi Kadis Binamarga Sumut Efendi Pohan meninjau Perbaikan Jalan di Deliserdang pada, Sabtu (5/10) kemarin

Deliserdang (Wartadhana):  Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah mengatakan,  Pemerintah Provinsi  Sumatera Utara  serius dalam melaksanakan pembangunan dan perbaikan jalan-jalan milik provinsi yang rusak berat.

Bahkan, untuk memastikan pembangunan jalan sesuai dengan ketentuan, Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah meninjau langsung lokasi proyek perbaikan jalan provinsi di Desa Gunung Rintih, Kecamatan STM Hilir, Deliserdang, Sabtu (5/10) kemarin. 

 “Memang untuk anggaran tahun ini untuk infrastruktur jalan kita fokuskan pada jalan-jalan yang rusak berat. Masih ada juga badan-badan jalan yang belum baik. Nanti akan kita anggarkan di tahun 2020,” ujar Wagubsu Musa Rajekshah, yang akrab disapa Ijeck.

Wagub sengaja menyempatkan diri meninjau proyek perbaikan jalan pada hari Sabtu, dikarenakan pada hari itu waktu yang kosong, karena libur sehingga menjadi waktu yang tepat untuk melaksanakan peninjauan.

“Untuk itu diharapkan agar proyek ini bisa segera selesai tepat waktu dan berkualitas sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat,” ujarnya. 

Selain itu juga,  perbaikan jalan ini akan turut mendukung peningkatan pariwisata di Sumut. Karena Sumut memiliki destinasi-destinasi wisata yang bagus, namun belum didukung oleh jalan jalan yang baik untuk menuju lokasi wisata.

Ditambahkannya, ke depannya Pemprov Sumut juga akan fokus pada pembangunan dan perbaikan jalan di berbagai daerah wisata. Karena, dengan infrastruktur yang baik menuju lokasi wisata, ekonomi di daerah juga ikut terdorong.

Untuk itu, saya akan mengintegrasikan seluruh dinas dan OPD di Pemprov Sumut sesuai visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut untuk meningkatkan ekonomi, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan juga lapangan pekerjaan, serta pariwisata.

“Karena ini hari Sabtu, libur saya sempatkan waktu kunjungan ke daerah Deliserdang, STM Hilir sambil melihat proyek pengerjaan badan jalan di Delitua – Tigajuhar bersama Kepala Dinas Bina Marga,” jelasWagubsu.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumut Effendy Pohan menjelaskan, di tahun 2019 ini jalan yang diperbaiki sepanjang 8,9 km. Dengan rincian perbaikan sepanjang 4,9 km dari Delitua menuju Tigajuhar dan 4 km dari Tigajuhar menuju Gunung Meriah.

“Jadi tahun ini totalnya kita kerjakan 4,9 km Delitua-Tigajuhar, tambah 4 km Tigajuhar-Gunung Meriah, jadi total 8,9 km,” ujar Effendy.

Di tahun 2020, Dinas yang ia pimpin akan memperbaiki jalan sepanjang 3 km sambungan Delitua-Tigajuhar dan 2 km lagi sambungan Tigajuhar-Gunung Meriah. Diharapkannya, ke depan jalan dari Medan-Delitua-Tigajuhar-Gunung Meriah sudah tidak ada yang rusak.

Ditambahkan Efendy, pembangunan jalan ini selaras dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut. “Fokus dari Pak Gubernur dan Wakil Gubernur adalah menunjang pariwisata, yang kedua adalah jalan jalan yang strategis untuk menghubungkan daerah daerah yang memiliki potensi ekonomi,” jelas Efendy.

Pembangunan jalan ini mendapat respons positif dan apresiasi dari masyarakat. Seperti yang dikatakan warga setempat M Sofi, bahwa jalan Delitua-Tigajuhar-Gunung Meriah ini sudah hampir 15 tahun belum pernah diperbaiki. Masyarakat pun mengapresiasi langkah Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut yang memperbaiki jalan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pak Edy Rahmayadi dan Pak Musa Rajekshah karena sudah memperbaiki jalan kami ini. Lebih kurang sudah 15 tahun jalan ini rusak. Dengan perbaikan jalan ini, sangat membantu masyarakat dalam berbagai aktivitas,” ujar Sofi. (Winda)